Optimalisasi Pengelolaan Asrama di UNIDA Gontor melalui Pendekatan Participatory Action Research

Optimizing Dormitory Management at UNIDA Gontor through Participatory Action Research Approach

Authors

  • Hamidah Tussifah Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia
  • Asif Trisnani Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia
  • Usmanul Khakim Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-8999-5678
  • Khurun'in Zahro' Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia
  • Amir Reza Kusuma Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37680/jcd.v7i1.6875

Keywords:

Asrama, Manajemen Islam, Manajemen Pesantren, UNIDA Gontor, Universitas Pesantren

Abstract

Artikel ini membahas pendampingan program asrama di Universitas Darussalam Gontor sebagai bagian dari Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) tahun 2024. UNIDA Gontor, sebagai universitas pesantren, mengintegrasikan sistem kepesantrenan dalam pendidikan formal, menjadikan asrama sebagai elemen penting. Pendampingan ini bertujuan membantu principal dalam mengelola program asrama secara efektif. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang mencakup identifikasi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Hasilnya, tersusun 21 program asrama yang mendukung aspek tempat tinggal, interaksi sosial, dan pendidikan mahasiswa. Evaluasi menunjukkan program berjalan dengan baik, meskipun masih ditemukan kendala dalam konseling mahasiswa. Sebagai tindak lanjut, pendampingan akan diperpanjang dan diperluas ke aspek konseling dan teknologi informasi.

References

Afandi, A. (2020). Articipatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53(9), 1689–1699. Malang: LPPM UIN Malang.

Afandi, A., Lally, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kabau, R. A., Rahman, S. A., … Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. In Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (Eds.), Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag RI (1st ed.). Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag RI. Retrieved from http://diktis.kemenag.go.id

Aini, D., Islami, M. N., Rosyida, E. F., Arifa, Z., & Machmudah, U. (2022). Manajemen Program Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Munadharah ’Ilmiyah Pekan Arabi Di Universitas Negeri Malang Di Masa Pandemi. Taqdir, 7(2), 181–197. https://doi.org/10.19109/taqdir.v7i2.9073

Amrullah, K., Khakim, U., & Nasif, H. (2021). Metode Sains : Membaca Pemikiran Epistemologis Al Attas dan Wall. Ijois, 2(02), 181–190.

Anawati, L., & Ngumar, S. (2016). Audit Manajemen Untuk Mengevaluasi Efektivitas Fungsi Sumberdaya Manusia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) FEB, 5(2), 1–15. Retrieved from https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/3031/2716

Anggara, F. S. A., & Widodo, W. (2022). Analysis the Internalization of Core Values at UNIDA Gontor Business Unit. Journal of Management and Business Review, 19(1), 20–28. https://doi.org/10.34149/jmbr.v19i1.261

Arifin, M. S., Sa’idah, M. A., Nur, I. R., & Zulfiqar, A. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Digital Pusdiklat Unida Gontor: Studi Kasus Diklat Bahasa Arab di Al-Azhar IIBS Karanganyar. CONITIES (International Conference on Islamic Civilization and Humanities, 383–394.

Astuti, R. Y., Abidin, M. Z., & Kurniawan, D. A. (2017). The Application of Accounting For The Preparation of Financial State- ments of Canteen and Photo Copy in UNIDA Gontor. Khadimul Ummah, 1(1). https://doi.org/10.21111/ku.v1i1.1419

Bastomi, H. (2020). Pemetaan Masalah Belajar Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta Dan Penyelesaiannya (Tinjauan Srata Kelas). KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 4(1), 35–55. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i1.7418

Fahmy Zarkasyi, H., Mas’ud, F., Agung Hidayatullah, R., & Khakim, U. (2024). Strategy of Indonesian Pesantren University in Achieving Competence of Student: A Grounded Research at UNIDA Gontor. 6th International Conference on Education and Social Science Research, 2024, 119–138. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v9i6.15260

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hidayatullah, R. A., Mas’ud, F., Kusuma, A. R., & Hakim, U. (2023). Build Islamic Human Resource Development (I-HRD) in University Based on Islamic Worldview. International Journal of Asian Business and Management, 2(1), 59–70. https://doi.org/10.55927/ijabm.v2i1.2853

Inayah, F. (2023). The Inculcation of Islamic Worldview at UNIDA Gontor (A Case Study On Integrated Curriculum of Boarding System University). UNIDA Gontor.

Muhtarom, A. (2019). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 259. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3261

Mujtaba’, M. S. (2024). Deputi Kepesantrenan Direktorat kepesantrenan (DKP) UNIDA Gontor. Ponorogo.

Muriyatmoko, D., Pradhana, F. R., & Adnan, M. S. (2021). Perancangan Sistem Informasi Absensi dan Setoran Tahfidz di Zona Al-Quran Universitas Darusalam Gontor. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1173–1181.

Muriyatmoko, D., Utama, S. N., Harmini, T., Tammy, M. F., Informatika, T., Sains, F., & Gontor, U. D. (2023). Sistem Informasi Manajemen Barbershop Unit Usaha Unida Gontor ( U3 ) Berbasis Website. JIP (Jurnal Informatika Polinema), 9(3), 245–258.

Musthafa, A., Muriyatmoko, D., & Ibrahim, M. (2021). Perancangan Modul Sistem Manajemen Buku Wakaf Pada Aplikasi SLiMS di Perpustakaan UNIDA Gontor. Seminar Nasional Informatika Dan Aplikasinya (SNIA), 7–11. Cimahi. https://doi.org/2686-6595

Nurmaydha, A., Mustaniroh, S. A., & Sucipto, S. (2019). Strategi Pengembangan Restoran Halal Sebagai Penunjang Hotel Syariah (Studi Kasus Di Unida Gontor Inn, Universitas Darussalam Gontor Ponorogo). Dinar : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 5(2), 71–82. https://doi.org/10.21107/dinar.v5i2.5006

Nursam, N. (2017). Manajemen Kinerja. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 167–175. https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.438

Nurul Ulufah, A., Safi, A., & Thoriqul Islam, M. (2024). Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren (Studi Kasus di Universitas Darussalam Gontor). Jurnal of Education, 5(2), 222–244. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v5i2.844.

Prabowo, M. A., & Qomaruddin, M. T. (2022). PENTINGNYA PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR. JPKM (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 28(4), 395–401. https://doi.org/10.24114/jpkm.v28i4

Puspitasari, N. S., Taqriri, Z., Falah, F., Al-faathir, F. E., Basya, A. A., & Rohman, F. (2022). Pendampingan Pembuatan Satr dan Poster Shaf Sholat Pada Masjid Jami’ UNIDA Gontor Sebagai Upaya Optimalisasi Kekhusyukan Sholat. Jurnal Terapan Abdimas, 7(1), 41–46. https://doi.org/DOI: http://doi.org/10.25273/jta.v7i1.9208

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2019). Model Partisipation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. AKSARA, 6(1), 62–71. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index

Ridho, D., Anggara, A., Nuriz, M. A. F., Amrullah, K., Khakim, U., Ushuluddin, F., … Gontor, U. D. (2023). Pendampingan Penyusunan Jadwal Kegiatan Harian Integratif Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 65–79. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.2314

Rusniati, & Haq, A. (2014). Perencanaan strategis dalam perspektif organisasi. Intekna, 14(2), 102–209. Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/178

Saniyah, M. (2024). Peran Triple Helix Dalam Mewujudkan Kemandirian Pesantren Studi Kasus Pondok Modern Tazakka Batang Jawa Tengah. UIN Pekalongan.

Setiawan, V., & Nurwahid, A. F. (2023). Strategi Branding Laziswaf UNIDA Gontor dalam Optimalisasi Digital Fundraising. Jurnal Nawala Visual, 5(1), 20–26.

Web, T. (2022). Vision and Mision. Retrieved November 26, 2022, from unida.gontor.ac.id website: https://unida.gontor.ac.id/vision-mission/

Wijaya, K. (2022). Upaya Sistem Zona Al-Qur’an Unida Gontor Dalam Menguatkan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa. Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 44–63. https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2022.002.01.05

Wijaya, K., Izzati, N. R., & Maharani, S. (2023). The Triple Helix in Higher Education as A Zone for Character Education. El Tarbawi, 16(2), 203–224. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol16.1ss2.art2

Zarkasyi, H. F. (2017). Modern Pondok Pesantren: Maintaining Tradition in Modern System. Tsaqafah, 11(2), 85–103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.267

Zarkasyi, H. F. (2022). Universitas Darussalam Gontor: Universitas Bersistem Pondok Modern. Perkan Khutbatul Arsy UNIDA Gontor 2023. Ponorogo: Unpublished Work. Retrieved from https://www.gontor.ac.id/institut-studi-islam-darussalam

Zarkasyi, H. F., Mas’ud, F., Hidayatullah, R. A., & Khakim, U. (2023). Value Management in Pesantren-Based University (Grounded Research on AKPAM System of UNIDA Gontor). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(2), 113–1126. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i2.4018

Zarkasyi, I. (2024). Pekan Perkenalan Pondok Modern Darussalam Gontor. Ponorogo: Darussalam Press.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Tussifah, H., Trisnani, A., Khakim, U., Zahro’, K., & Kusuma, A. R. (2025). Optimalisasi Pengelolaan Asrama di UNIDA Gontor melalui Pendekatan Participatory Action Research: Optimizing Dormitory Management at UNIDA Gontor through Participatory Action Research Approach. Journal of Community Development and Disaster Management, 7(1), 167–185. https://doi.org/10.37680/jcd.v7i1.6875