Community Based Research dalam Pengembangan Pendidikan Kepemimpinan Islam di Yayasan Qurrotu A’yun (YQA) Ponorogo

Community Based Research in the Development of Islamic Leadership Education at the Qurrotu A'yun Foundation (YQA) Ponorogo

Authors

  • Mohammad Kholid Muslih Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia
  • Jarman Arroisi Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia
  • Usmanul Khakim Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-8999-5678
  • Yusuf Almanaanu Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37680/jcd.v7i1.6876

Keywords:

Kepemimpinan Islam, Manajemen Islam, Pendidikan Kepemimpinan, Yayasan Qurrota A’yun Ponorogo

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk membantu Yayasan Qurrota A’yun (YQA) Ponorogo dalam merumuskan konsep pendidikan kepemimpinan Islam. Masalah utama yang dihadapi YQA adalah belum adanya sistem pendidikan kepemimpinan yang terstruktur bagi siswa, guru, karyawan, dan orang tua. Metode yang digunakan adalah Community-Based Research (CBR) dengan tahapan sosialisasi, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Hasil PkM ini adalah tersusunnya model konseptual pendidikan kepemimpinan Islam yang mencakup tujuan kepemimpinan, karakter pemimpin ideal, keterampilan kepemimpinan, dan manajemen fungsi kepemimpinan Islam. Model ini menjadi dasar bagi pengembangan kurikulum kepemimpinan di berbagai satuan pendidikan di YQA. Sebagai tindak lanjut, program ini akan dikembangkan untuk menyusun kurikulum yang lebih aplikatif dan berbasis implementasi langsung di lapangan.

References

Afandi, A., Lally, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kabau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Dwi, R., Parmitasari, A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. In Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (Eds.), Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag RI (1st ed.). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag RI. http://diktis.kemenag.go.id

Lestari, M. A., Santoso, M. B., & Mulyana, N. (2021). Penerapan Teknik Participatory Rural Appraisal (Pra) Dalam Menangani Permasalahan Sampah. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 513. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i3.29752

Occhoka, J., & Janzen. (2014). Workshop on Advanced CBR. SILE LLD, UINSA.

Ridho, D., Anggara, A., Nuriz, M. A. F., Amrullah, K., Khakim, U., Ushuluddin, F., Gontor, U. D., Studi, P., Agama, S., Ushuluddin, F., Gontor, U. D., Ushuluddin, F., & Gontor, U. D. (2023). Pendampingan Penyusunan Jadwal Kegiatan Harian Integratif Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 65–79. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.2314

Tim Web. (2024). Yayasan Qurrota A’yun Ponorogo. https://qurrotaayunpng.id/

Tim. (2013). Research Shop, Shortcourse dan Internship on Community Engage Learning and CBR. Guelph University.

UNIDA. (2024). Dokumen MoU Pascasarjana UNIDA Gontor dan Yayasan Qurrota A’yun Ponorogo. https://simkerma.unida.gontor.ac.id/kerjasama/preview/1038

YQA. (2024). Proposal Kerjasama Pengembangan Pendidikan Kepemimpinan Islam. Dokumen tidak dipublikasikan.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Muslih, M. K., Arroisi, J., Khakim, U., & Almanaanu, Y. (2025). Community Based Research dalam Pengembangan Pendidikan Kepemimpinan Islam di Yayasan Qurrotu A’yun (YQA) Ponorogo: Community Based Research in the Development of Islamic Leadership Education at the Qurrotu A’yun Foundation (YQA) Ponorogo. Journal of Community Development and Disaster Management, 7(1), 187–196. https://doi.org/10.37680/jcd.v7i1.6876