Membangun Solidaritas Kader IPNU dan IPPNU Mangunsuman Ponorogo Melalui Bimbingan Belajar Genius Guidance Learning

  • Nur Hidayatul Muna Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • Agus Setyawan Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
Keywords: Bimbingan Belajar, Membangun Soliditas, Kader IPNU-IPPNU

Abstract

Abstrak

Berbagai pola kemajuan masa kini menuntut individu dan kelompok untuk terus berupaya membentengi diri secara bijak dan bekerja sama dalam menggali potensi dan mengembangkan inovasi menjadi nilai yang lebih bermakna saat ini dan nanti. Melalui proses dinamika sosial yang ada, generasi muda umat Islam, khususnya kader IPNU-IPPNU Ranting Mangunsuman, berkolaborasi dan berinovasi untuk mewujudkan bentuk-bentuk pembelajaran mental religius dan jiwa sosial yang cerdas, ulet, dan berwawasan luas melalui sarana kelembagaan dalam membentuk karakter yang sopan, mulia dan pribadi. Mengakhiri carimah penuh dengan syafa'ah dan mardlotillah. Kemunculan media digital atau elektronik menjadi salah satu kekuatan besar lainnya dalam mempengaruhi dan membangun gerakan yang signifikan. Hal ini terlihat dari pergolakan yang berkembang di lingkungan setempat, mulai dari munculnya ide-ide dalam membina eksistensi organisasi dan pembelajaran bersama melalui Genius Tutoring, Guidance, Learning (BIMBEL GGL) sebagai langkah prefentiv dalam membangun dan memajukan mahasiswa dan kader IPNU-IPPNU Cabang Mangunsuman Siman Ponorogo menjadi kuat dan tangguh (solid). Laporan penelitian ini. Bagaimana konsep kader IPPNU-IPPNU Kecamatan Mangunsuman melalui program BIMBEL GGL

Abstrak

Beragamnya pola pembangunan zaman menuntut para individu atau golongan untuk terus berupaya membentengi diri dengan bijak dan bersinergi dalam mengembangkan potensi serta mengembangkan inovasi menjadi nilai yang lebih berarti dihari ini hingga nanti. Penelitian ini melaporkan bagaimana konsep pengkaderan IPPNU-IPPNU Ranting Mangunsuman melalui program BIMBEL GGL? , Apa saja manfaat yang diterima oleh para kader IPNU-IPPNU Ranting Mangunsuman melalui BIMBEL GGL tersebut Melalui proses dinamika sosial yang ada menuntun para generasi muda Islam khususnya para kader IPNU-IPPNU Ranting Mangunsuman  berkolaborasi dan berinovasi memanifestasikan bentuk pembelajaran mental keagamaan serta jiwa sosial yang cerdas, tangguh, dan berwawasan luas  melalui sebuah sarana  kelembagaan didalam membentuk karakter  pribadi santun, luhur dan berakhlaqul karimah dipenuhi syafa’ah dan mardlotillah. Munculnya media digital ataupun elektronik telah menjadi salah satu diantara kekuatan besar lainnya dalam membawa pengaruh serta membangun gerakan secara signifikan. Hal ini terlihat dari adanya pergolakan yang tengah berkembang dilingkungan setempat, berawal dari munculnya ide dalam membina eksistensi berorganisasi dan belajar bersama melalui Bimbingan Belajar Genius, Guidance, Learning (BIMBEL GGL) sebagai langkah prefentiv dalam membangun serta memajukan para pelajar dan kader IPNU-IPPNU Ranting Mangunsuman Siman Ponorogo menjadi kokoh dan tangguh (solid).

References

Arifin, L.M. (2013). Konseling Religi. Blora: STIE Khozinatul Ulum.

Awaliyah, S.N. (2017). Pengaruh Organisasi Terhadap Sikap dan Kepemimpinan Siswa Madrasah Aliyah Al-Azhar Carangrejo Sampung Ponorogo Masa Khidmad 2016-2017. Skripsi PAI INSURI Ponorogo.

Jhon S, Mulyadi, (2001). Sistem Perencanaan Pengendalian Manajemen Salemba. t.p.

Lalu, Faizah, (2006). Psikologi Dakwah. Jakarta: Prenada Media.

Lexy J. Moleong, (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosydakarya.

Marwantika, I.A, (2016). Motivasi dan Perilaku Beragama: Studi kasus Jamaah Pengajian Nurul Huda Kenongomulyo. Jurnal Al-Adabiya, 11 (1), 2.

Masy’ari A, (1990). Akhlaq Al-Qur’an Surabaya : Bina Ilmu.

Muna, H.N, (2017). Revitalisasi dan Pengembangan Kader IPNU IPPNU Ranting Mangunsuman Dakwah PMI. Makalah disajikan dalam laporan praktek Pengalaman Lapangan 1 Kelompok 1 Program Studi PMI FDAK INSURI Ponorogo, 5 Juni.

Munandir, (2003). Pengantar Antropologi: Program Bimbingan karier di Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Prayitno, (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Purwanti, I.Y. (t.t). Layanan Bimbel dalam mengurangi Kesulitan Belajar siswa sekolah dasar, FIP UNY.

Sardiman, AM. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Shadily, H. Ecols. M. John, (2005). An English Indonesian Dictionary. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sidiq, Umar, (2016). Internalisasi Good Governance di Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Al-Adabiya, 11 (1), 26.

Sholihah, M.Abdah, (2016). Inovasi Pendidikan: Bentuk Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Sekolah/Madrasah. Jurnal Al-Adabiya, 11 (1), 40-41.

Sholihin, D, (2014). Fungsional Penjenjangan Perencana Tk. Muda Angkatan VXX. LPEM-FUI, Jakarta, 27 Agustus.

Soekanto, Soerjono, Sulistyowati Budi, (2014). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winkel, W.S, (1985). Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan, Jakarta : Grasindo.

Published
2019-01-27
How to Cite
Muna, N., & Setyawan, A. (2019). Membangun Solidaritas Kader IPNU dan IPPNU Mangunsuman Ponorogo Melalui Bimbingan Belajar Genius Guidance Learning. Journal of Community Development and Disaster Management, 1(1), 13-23. https://doi.org/10.37680/jcd.v1i1.718
Abstract views: 884 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 653