Penerapan Kemampuan Analisis Siswa Dalam Pembelajaran PAI Aspek Kognitif Kelas XII MAN 2 Ponorogo

المؤلفون

  • Habib Hananta Pratama IAIN PONOROGO
  • Fitrohur Rohman Asathari IAIN PONOROGO
  • Haifa Jamilatul Risyana IAIN PONOROGO
  • Hilda Lutfiya IAIN PONOROGO
  • Ikhwani Fadhilah IAIN PONOROGO
  • Intan Nurul Muarifah IAIN PONOROGO
  • Intan Nurul Muarifah IAIN PONOROGO
  • Nurul Malikah IAIN PONOROGO

الكلمات المفتاحية:

kemampuan analisis; pembelajaran PAI; aspek kognitif

الملخص

Artikel ini bertujuan untuk mengulas tentang penerapan kemampuan analisis siswa dalam pembelajaran PAI pada aspek kognitif di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan analisis siswa dalam pembelajaran PAI aspek kognitif ini diterapkan pada kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang digunakan untuk melihat fenomena yang terjadi dan memberikan gambaran secara rinci mengenai proses dan hasil penerapan pembelajaran tersebut. Penelitian ini melibatkan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara terhadap Guru PAI dan siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kemampuan analisis siswa dalam pembelajaran PAI meningkatkan pemahaman konsep agama, mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan logis, serta memperkuat keyakinan agama. Faktor yang mempengaruhi penerapan kemampuan analisis adalah strategi pembelajaran guru, motivasi siswa, dan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini merekomendasikan pengintegrasian kemampuan analisis dalam kurikulum PAI untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama.

التنزيلات

منشور

2024-12-14

إصدار

القسم

Articles