Langkah Penilaian Sumatif Guru PAI Dalam Mata Pelajaran Fiqih di MI Ma’arif Patihan Kidul

المؤلفون

  • Firnanda avitasari IAIN Ponorogo
  • Efendi Nur Khoiri IAIN Ponorogo
  • Fahrudin Anshori
  • Auliya Khalimatusadiyah Khalimatusadiyah IAIN Ponorogo
  • Fitria Camilasari Camilasari IAIN Ponorogo
  • Nurul Malika Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Ponorogo

الكلمات المفتاحية:

summative assessment, implementation of assessment, assessment steps.

الملخص

Penelitian ini mengkaji langkah penilaian sumatif oleh guru PAI dalam mata pelajaran Fikih di MI Ma’arif Patihan Kidul. Penilaian sumatif merupakan evaluasi yang dilaksanakan di akhir periode pembelajaran untuk mengukur capaian siswa berdasarkan tujuan pembelajaran. Fokus penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut penilaian sumatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru Fikih terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan penilaian sumatif harus memenuhi beberapa langkah-langkah, mulai dari awal perencanaan penilaian hingga evaluasi akhir atau penskoran. Langkah-langkah tersebut harus selaras dengan tujuan  RPP dan silabus. Pelaksanaan penilaian tersebut harus dilakukan secara sistematis dari proses pembuatan kisi-kisi hingga dengan pembagian laporan hasil belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa langkah-langkah penilaian sumatif di MI Ma’arif Patihan Kidul telah dilakukan dengan baik sesuai dengan pedoman penilaian sumatif.

التنزيلات

منشور

2024-12-19

إصدار

القسم

Articles