Pembelajaran Kolaboratif Untuk Mempercepat Penyelesaian Tugas di SMPN 1 Mlarak Ponorogo

Pembelajaran kolaboratif, kelompok belajar heterogen, percepatan tugas, keterampilan sosial, motivasi belajar.

المؤلفون

  • Mina Karunia Institut Agama islam negeri ponorogo
  • nurul malikah institut agama islam negeri ponorogo
  • larin dwi eksanti Institut Agama islam negeri ponorogo
  • miranti fatimatuz zahro Institut Agama islam negeri ponorogo
  • M. mustopa Institut Agama islam negeri ponorogo

الكلمات المفتاحية:

Collaborative Learning, Heterogeneous Learning Group, Task Acceleration, Social Skills, Learning Motivation

الملخص

Artikel ini membahas penerapan pembelajaran kolaboratif di SMPN 1 Mlarak
Ponorogo sebagai solusi untuk mempercepat penyelesaian tugas siswa. Pembelajaran
kolaboratif yang berlandaskan kerja sama antar siswa diimplementasikan melalui
kelompok belajar heterogen dengan bimbingan aktif guru. Metode ini tidak hanya
membantu siswa memahami materi pelajaran secara lebih mendalam, tetapi juga
meningkatkan keterampilan sosial, motivasi belajar, dan rasa tanggung jawab individu
maupun kelompok. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk
menganalisis dampak pembelajaran kolaboratif terhadap percepatan penyelesaian
tugas siswa dan tantangan dalam implementasinya. Hasil menunjukkan bahwa metode
ini efektif dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pembelajaran meskipun
memerlukan pengelolaan yang baik untuk mengatasi kendala partisipasi siswa yang
tidak merata. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan
strategi pengajaran inovatif di sekolah.

التنزيلات

منشور

2024-12-21

إصدار

القسم

Articles