Upaya Guru dalam Penguatan Tujuan Afektif pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Al Islam Joresan Ponorogo

Authors

  • Chintia Nora Sabela IAIN Ponorogo

Keywords:

affective domain, Fiqh learning, teacher strategies, character education, MTs Al-Islam Joresan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru dalam memperkuat domain afektif siswa dalam mata pelajaran Fiqh di MTs Al-Islam Joresan, Ponorogo. Pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan digunakan untuk mengumpulkan data mendalam melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memanfaatkan berbagai strategi, termasuk menjadi panutan, menerapkan praktik kebiasaan seperti budaya 5S (Smile, Greet, Greet Back, Politeness, Courtesy), mengadopsi metode pengajaran yang inovatif, memberikan penguatan verbal dan non-verbal, dan memotivasi siswa secara positif. Faktor pendukung utama termasuk komitmen guru, lingkungan sekolah Islam, kolaborasi dengan orang tua, dan pendekatan pribadi. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan seperti waktu pengamatan yang terbatas, subjektivitas dalam penilaian afektif, dan pengaruh eksternal negatif. Dampak positif dari penguatan afektif meliputi peningkatan religiusitas, pengembangan karakter Islami, berkurangnya perilaku negatif, dan sikap positif terhadap pembelajaran. Temuan ini menyoroti pentingnya pendekatan afektif dalam pendidikan untuk mendukung pengembangan karakter holistik siswa.

Downloads

Published

2024-12-13

Issue

Section

Articles