Pendampingan Karakter Religius Siswa melalui Pembiasaan Salat Duha Berjamaah di SDN Sempu Kecamatan Ngebel
الكلمات المفتاحية:
Karakter religius، pembiasaan، SDN Sempu، sholat dhuha berjamaahالملخص
Pengabdian ini bertujuan membentuk karakter religius siswa SDN Sempu Kecamatan Ngebel melalui pembiasaan sholat dhuha berjamaah. Metode yang digunakan adalah Asset Based Community Development (ABCD) dengan tahapan discovery, dream, design, delivery, dan destiny. Kegiatan dilaksanakan setiap hari pada jam istirahat di perpustakaan sekolah dengan melibatkan guru, siswa, dan dukungan orang tua. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pembiasaan sholat dhuha berjamaah berdampak positif pada kedisiplinan, rasa syukur, tanggung jawab, ukhuwah, dan ketenangan belajar siswa. Program ini berkembang menjadi budaya religius sekolah yang berkelanjutan.
المراجع
Arifin, Z. (2020). Pendidikan Karakter Religius melalui Pembiasaan Ibadah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 145–158.
Hasanah, U. (2019). Implementasi Sholat Dhuha dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Jurnal Tarbiyah, 26(1), 34–45.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)*. Jakarta: Kemendikbud.
Kretzmann, J., & McKnight, J. (1993). Building Communities from the Inside Out: A Path Toward Finding and Mobilizing a Community’s Assets. Evanston: ACTA Publications.
Lickona, T. (2013). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif*. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sari, N. (2021). Pengaruh Sholat Dhuha terhadap Pembentukan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 55–68.
Sugiyono. (2019). *Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D*. Bandung: Alfabeta.
Thorndike, E. L. (1932). The Fundamentals of Learning. New York: Teachers College, Columbia University.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2025 Muhammad Nashrul Wahhab, Syamsul Muqorrobin

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution 4.0 International License.