Penerapan Komunikasi Organisasi dalam Membangun Perilaku Organisasi yang Efektif pada PT. Eos Maju Bersama

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Cindya Yunita Pratiwi
Wulan Muhariani

Abstract

Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif deskriptif untuk memahami fenomena motivasi pada karyawan di PT EOS Maju Bersama yang bergerak di bidang f&b dengan brand Kopi Soe. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan fokus pada hubungan antara perilaku individu, komunikasi organisasi, dan budaya kerja dalam mencapai tujuan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi karyawan menjadi isu populer dalam bidang komunikasi, manajemen, dan kepemimpinan. PT EOS Maju Bersama menerapkan komunikasi organisasi yang efektif dengan pendekatan vertikal dan horizontal. Komunikasi vertikal dilakukan antara pimpinan dan bawahan untuk memberikan instruksi dan informasi, sedangkan komunikasi horizontal terjadi antara rekan sejawat. Perilaku organisasi di PT EOS Maju Bersama ditandai oleh orientasi pada hubungan (relationship-oriented behavior). Pimpinan memberikan perhatian dan dukungan kepada karyawan, mengembangkan karir mereka, dan menciptakan lingkungan kerja yang positif. Komunikasi organisasi yang efektif membantu memastikan pesan dapat dipahami dengan jelas dan hubungan antar individu berjalan dengan baik, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dengan lebih efektif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##