Penerapan Karakter Sikap Toleransi Masyarakat Multikultural di Era Generasi Z di SMA Negeri 1 Model Tanjung Pura

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fatimah Ahmad
Fitriani Nasution
Maulida Maulida
M. Khalidin M. Khalidin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan karakter sikap toleransi pada masyarakat multikultural di era generasi Z di SMA Negeri 1 Model Tanjung Pura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahapan pengabdian terdiri dari persiapan, pelaksanaan, analisis data, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran penting dalam memupuk sikap toleransi pada masyarakat multikultural. Dalam aspek kepemimpinan manajerial, kepala sekolah menunjukkan sikap menghormati dan menghargai orang lain tanpa memandang perbedaan. Dalam aspek sosialisme, kepala sekolah aktif menjalin hubungan baik dengan pihak internal dan eksternal sekolah. Selain itu, kepala sekolah juga menunjukkan profesionalisme dalam memimpin sekolah dan memberi contoh bagi guru-guru dalam menyusun RPP. Kepemimpinan kepala sekolah secara efektif telah meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Meskipun sebagian guru masih hanya memenuhi administrasi tanpa memahami keseluruhan isi RPP, namun sebagian besar guru telah mampu mandiri dalam menyusun RPP. Pendidikan multikultural menjadi penting untuk mengantisipasi munculnya gerakan-gerakan yang dapat menganggu integrasi nasional pada era globalisasi. Generasi milenial memiliki peran penting dalam menjaga dan memperkuat sikap toleransi dalam masyarakat. Oleh karena itu, interaksi yang baik dan intensif antar generasi milenial diharapkan dapat membangun kehidupan yang lebih harmonis dan menjaga kebhinekaan bangsa Indonesia.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##