Pengaruh Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Mirna Rahmadani Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Sulfasyah Sulfasyah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Sri Rahayu Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.4754

Keywords:

Keterampilan berbicara, Learning Starts With A Question (LSQ)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap keterampilan berbicara kelas V SD Inpres Sarroanging Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design dan termasuk jenis penelitian yang bersifat kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif dan uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara sebelum pelaksanaan metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) pada pretest dengan nilai rata-rata 62. Sedangkan pada posttest meningkat dengan nilai rata-rata 94. Hasil analisis uji-t tentang pengaruh metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap hasil belajar peserta siswa menunjukkan hasil bahwa nilai signifikasi yang diperoleh baik yaitu pengaruh metode pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap keterampilan berbicara (Sig = 0,019) lebih kecil dari nilai alpha yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,019 < 0,05).

Downloads

Published

2024-01-29