Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pdam Kabupaten Wajo

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Indra Heri Rukmana

Abstract





Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PDAM  kabupaten Wajo. Penelitian ini dilakukan di Kantor PDAM di kabupaten Wajo. Model penelitian adalah dengan penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke  PDAM di  kabupaten Wajo. Untuk mendapatkan data primer dengan cara membagikan kuesioner kepada pegawai PDAM  kabupaten. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Sederhana, metode analisis korelasi dan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil Analisis Regresi Sederhana yaitu : Nilai konstanta (a) = 2,027, Koefisien Regresi (b) = 0,774 dan persamaan regeresi linier Y= a + bX atau Y= 2,027 + 0,774X. (2) Hasil Anaslisis Korelasi yaitu : Koefisien Korelasi (r) = 0,678 adalah nilai korelasi atau hubungan Kualitas pelayanan dengan Kepuasan Konsumen PDAM  di kabupaten Wajo. Koefisien Determinasi (r2) = 0,459 atau 45,9%. (3) Hasil Uji t yaitu: nilai thitung sebesar 1,596 < ttabel 3,182 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X atau Kualitas Pelayanan tidak perpengaruh Signifikan terhadap variabel Y atau Kepuasan Konsumen PDAM  di kabupaten Wajo karena nila pengaruhnya di bawah 50% yaitu 45,9%.





##plugins.themes.academic_pro.article.details##