Pengaruh Media Canva terhadap Kemampuan Berpikir Simbolis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK An Nur Tulungagung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dian Mustikawati

Abstract

Kemampuan berpikir simbolis pada anak usia 4-5 tahun merupakan pondasi penting pada perkembangan kognitif, yakni dalam pengenalan huruf dan angka yang berperan pada literasi dan numerasi di masa depan. Kemampuan berpikir simbolis akan berkembang maksimal dengan menggunakan media namun, media pembelajaran konvensional seringkali kurang efektif dalam merangsang kemampuan simbolis ini secara optimal. Teknologi digital seperti Canva menawarkan potensi sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir simbolis pada anak. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Canva terhadap kemampuan berpikir simbolis pada anak usia 4-5 tahun di TK An Nur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain pre-test dan post-test yang dilaksanakan pada dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan menggunakan Canva dan kelompok kontrol dengan menggunakan media pembelajaran konvensional. Populasi penelitian terdiri dari 40 anak yang dibagi menjadi dua kelompok. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir simbolis, dengan rata-rata nilai post-test sebesar 76,25, dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mencapai rata-rata 55,72. Dari paparan tersebut di atas menunjukkan bahwa media Canva efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolis pada anak usia 4-5 tahun

##plugins.themes.academic_pro.article.details##