Kurikulum Merdeka: Strategi Belajar Anak Usia Dini

Authors

  • Erwan efendi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Umaiyah Umaiyah PAUD Miftahul Huda, Ngunut, Tulungagung

Keywords:

Strategi belajar, anak usia dini, kurikulum merdeka

Abstract

Belajar memerlukan sebuah proses membangun pengetahuan yang kompleks. Konsep belajar anak usia dini juga mencakup interaksi antar siswa dan interaksi dengan orang tua. Caranya dengan mengenalkan konsep “belajar sambil bermain dan belajar seraya bermain” yang menjadi pondasi dalam belajar, dimana fokusnya belajar pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi belajar anak usia dini menggunakan kurikulum merdeka di sekolah. Penelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif metode studi kasus. Pengumpulan data dengan informan tahu dan informan pelaku melalui observasi dan wawancara serta pengumpulan dokumen pada guru, siswa dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 tema yang muncul yaitu belajar mengenal diri, belajar mengenal sosial, dan belajar mengenal komunal. Studi ini menyimpulkan bahwa strategi Belajar dengan melalui kurikulum merdeka membutuhkan sinergi keaktifan dari guru kepada siswa dan kerjasama orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran. Guru kreatif dibutuhkan ketika siswa mengalami kesulitan dalam belajar dalam mempersiapkan alat dan bahan alami yang dibutuhkan sebagai media alami belajar anak dengan dukungan orang tua. Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai referensi bagi guru PAUD yang telah menerapkan belajar menggunakan kurikulum merdeka belajar

Downloads

Published

2024-10-16

How to Cite

efendi, E., & Umaiyah, U. (2024). Kurikulum Merdeka: Strategi Belajar Anak Usia Dini. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 5(01), 994–999. Retrieved from https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikraj/article/view/6177