Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal di MA Unggulan Darul Ulum Peterongan Jombang
DOI:
https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i01.6815Keywords:
Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Islam, Kearifan Lokal,Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi merdeka belajar dalam Pendidikan Agama Islam berbasis kearifan lokal di MA Unggulan Darul Ulum. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi merdeka belajar di MA Unggulan Darul Ulum memang didesain agar peserta didik memiliki banyak alternatif kompetensi dan keterampilan yang relevan dikembangkan di masa depan. Kebebasan memilih dalam mengikuti pembelajaran dan praktik lapangan yang menjadi kebutuhan dan proyeksinya di masa depan, 2) Upaya menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam berbasis kearifan lokal di MA Unggulan Darul Ulum melalui pembelajaran berbasis pesantren, berupa nilai keimanan melalui pelajaran Tauhid, nilai ibadah melalui pelajaran fikih Tadzhib, nilai akhlak dengan Ta'lim Mutaalim, serta praktik-praktik yang lainnya sehingga peserta didik menguasai betul suatu pengetahuan dan memiliki produk yang jelas.