Peran Pondok Pesantren Dalam Melestarikan Tradisi Barzanji (Studi Kasus Pondok Pesantren Darussalam Pucang Kradinan Dolopo Madiun)

  • Ahmad Ibrahim Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • Syamsul Wathoni Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
Keywords: Pesantren, tradisi, al-barzanji

Abstract

Abstrak

Pesantren adalah sebuah pendidikan tradisional yang para santrinya tinggal secara bersama dan belajar di bawah asuhan dan bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kyai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya pemeluk agama islam. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya tradisi dan budaya islam nusantara yang ada dalam masyarakat kita saat ini. Terdapat bermacam-macam tradisi, salah satunya yaitu pembacaan kitab Maulid Al-Barzanji.  Berdasarkan hasil analisa data diperoleh simpulan bahwa Pelaksanaan pembacaan kitab Maulid Al-Barzanji tidak hanya di lingkup pondok, tetapi juga bersama dengan warga masyarakat sekitar pondok pesantren. Peran pembaacaan Maulid Al-Barzanji sebagai media untuk mengimitasi dan menauladani akhlak dan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. Dimana Nabi Muhammad SAW yang mempunyai sifat shiddiq, amanah, tabligh, fathonah. Kemudian media kultural barzanji memiliki peran untuk menyatukan dan mempererat masyarakat, baik nasionalisme, rasa persatuan, dan juga ukhuwah islamiyah sehingga terjadi persatuan antara pondok pesantren dengan masyarakat dan juga antara pondok peantren dengan organisasi Nahdlatul Ulama beserta Banomnya.

Kata Kunci : Pesantren, Tradisi, Al-Barzanji

Abstract

Pesantren is a traditional education in which the students live together and study under the care and guidance of a teacher who is better known as a kyai and has a dormitory for students to stay. Indonesia is a country where the majority of the population is Muslim. This can be seen from the many Islamic traditions and cultures of the archipelago that exist in our society today. There are various traditions, one of which is the reading of the book of Maulid Al-Barzanji. Based on the results of data analysis, it was concluded that the implementation of reading the book of Maulid Al-Barzanji was not only in the scope of the boarding school, but also with the community around the Islamic boarding school. The role of reading Maulid Al-Barzanji as a medium for imitating and imitating the morals and characteristics of the Prophet Muhammad. Where is the Prophet Muhammad SAW who has the characteristics of Siddiq, Amanah, Tabligh, Fathonah. Then the Barzanji cultural media has a role to unite and strengthen the community, both nationalism, a sense of unity, and also ukhuwah Islamiyah so that there is unity between Islamic boarding schools and the community and also between Islamic boarding schools and the Nahdlatul Ulama organization and its Banom.

Keywords: Islamic Boarding School, Tradition, Al-Barzanji

 

References

Abdullah, Husni. “Peranan Pondok Pesantren Sabilul Hasanah dalam Melestarikan Tradisi Keagamaan Ahlusunnah Waljamaah di Desa Purwosari Kecamatan Sembawa Banyuasin.” UIN Raden Fatah, 2016.

Abdusshomad, Muhyiddin. Fiqih Tradisional, Jawaban Pelbagai Persoalan Keagamaan Sehari-hari. Malang: Pustaka Bayan, 2004.

Ayu Maesaroh. “Komunikasi Integratif: Pengertian, Teori, dan Benefit,” 1 Mei 2021. https://organisasi.co.id/komunikasi-integratif-pengertian-teori-dan-benefit/.

Clifford Greetz. The Interpretation Of Cultures. New York: Basic Books. Inc, 1973.

Dahlan, Abdul Aziz. Ensiklopedi Hukum Islam JIlid I. Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 1997.

Farida Nugrahani. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: CV. Media, 2014.

Ferdinand Tonnies. Dalam buku Setangkai Bunga Sosiologi., 1953.

Hasna Amelia Pertiwi. “Bagiamana pendapat Anda mengenai tindakan imitasi di lingkungan sosial,” 21 April 2018. https://www.dictio.id/t/bagiamana-pendapat-anda-mengenai-tindakan-imitasi-di-lingkungan-sosial/43324.

Kholil, Al-Muradi Muhammad. Silk Ad-Durar fi A’yaani Al-Qarni Ats-Tsani ’Asyr, JIlid II. Bairut Lebanon: Dar Ibn Hazm, 1988.

Levy.Jr., Marion J. The Structure Of Siciety. Dalam Soerjono Soekamto, Sosiologi Suatu Pengantar., 2014.

Marselinus Ajang. “Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa Di Desa Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu” 3 (2015). https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1748.

Mubin, Nurul. ASWAJA NU. Yogyakarta: PC.LAKPESDAM-NU Wonosobo, 2008.

Muhtarom. Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Musthofa, A. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Qomar, Muzamil. Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga, 2002.

Rika Misiyanti. “Peran Camat Dalam Pembangunan Fisik Di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda” 2 (2014). https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1069.

Salim dan Syahrum. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citrapustaka Media, 2015.

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi. Setangkai Bunga Sosiolagi. Dalam Soerjono Soekamto., 2014.

Siti Mutma’inah. “Pendekatan Integratif: Tinjauan Paradigmatif dan Implementatif Dalam Pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah.” Elementary Vol. 5 (2017).

Soekamto, Soerjono, dan Budi Sulistyowati. SOSIOLOGI SUATU PENGANTAR Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Soekanto, Soerjono. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1982.

———. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Sri Wahyuningsih. Metode Penelitian Studi Kasus (Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya). Madura: UTM Press, 2013.

Tumanggor, Rusmin. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Vol. 3. Jakarta: Kencana, 2014.

Usman, Nurdin. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Yunus, Muhammadiyah, dan Siti Rugayah Tibek. Al-Barzanji dalam Pandangan Ulama Sulawesi Selatan. Anjuran Institut Kajian Rantau Asia Barat (IKRAB): Puri Pujangga Universiti Kebangsaan Malaysia, 2012.

Published
2021-06-01
How to Cite
Ibrahim, A., & Wathoni, S. (2021). Peran Pondok Pesantren Dalam Melestarikan Tradisi Barzanji (Studi Kasus Pondok Pesantren Darussalam Pucang Kradinan Dolopo Madiun). Journal of Community Development and Disaster Management, 3(2), 43-57. https://doi.org/10.37680/jcd.v3i2.1033
Abstract views: 874 , PDF (Indonesia) downloads: 635