Strategi Pemerintah Desa Gandukepuh Terhadap Pengembangan Objek Wisata Religi

Gandukepuh Village Government's Strategy Towards The Development Of Religious Tourism Objects

  • Mukhirto Mukhirto Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • Arik Dwijayanto Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • Tamrin Fathoni Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
Keywords: Strategi, Pengembangan, Wisata Religi

Abstract

The purpose of the study was to explore the strategy for developing religious tourism objects and attractions at the tomb of Kyai Ageng Imam Musakaf, the required resources, supporting and supporting factors and analysis of strategies for developing religious tourism objects at the tomb of Kyai Ageng Imam Musakaf. This type of research is qualitative research, namely the research procedure produces descriptive data in the form of written or spoken words from people and observable behavior to understand the phenomena experienced by the research subjects. The results of the research are the development of religious tourism at the Kyai Imam Musakaf Tomb by managing tourist attraction objects (ODTW) using a management system. Natural resources include good and efficient management of places, facilities and infrastructure. Nice, clean and attractive environment. Supporting factors are the increasing number of pilgrims, enthusiastic residents, natural resources, and the role of caretakers. The inhibiting factors for promotion are limited, lack of cooperation and narrow road access. In carrying out the development of ODTW also requires supervision.

Tujuan penelitian untuk menggali Strategi Pengembangan obyek dan daya tarik wisata religi di makam kyai Ageng Imam Musakaf, sumber daya yang diperlukan, faktor pendukung dan penghambat dan analisis strategi pengembangan objek wisata religi di makam kyai Ageng Imam Musakaf. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil penelitian yaitu pengembangan wisata religi di Makam Kyai Imam Musakaf dengan melakukan pengelolaan objek daya tarik wisata (ODTW) dengan menggunakan sistem manajemen. Sumber daya alam meliputi pengelolaan tempat, sarana, prasarana yang baik dan efisien. Lingkungan yang baik, bersih, dan menarik. Faktor pendukung yaitu bertambah banyaknya yang melakukan ziarah, Antusias warga, Sumber daya alam, dan peran juru kunci. Faktor penghambat yaitu Promosi terbatas, kurangnya kerjasama dan akses jalan sempit..

References

Ati, A. M. (2011). Pengelolaan Wisata Religi (Studi Kasus Makam Sultan Hadiwijaya Untuk Pengembangan Dakwah). Skripsi. Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Wali Songo. Semarang.

Ernawati, E. (2020). Tradisi Ziarah pada Makam Datuk Pakkalimbungan di Kelurahan Bonto Lebang Kecematan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Fatimah, S. (2015). Strategi pengembangan objek daya tarik wisata religi (studi kasus di Makam Mbah Mudzakir Sayung Demak). UIN Walisongo.

Gurning, S. P. (2020). PERANCANGAN VIDEO PROMOSI MUSEUM BALAPUTERA DEWA SEBAGAI DESTINASI WISATA SEJARAH DI KOTA PALEMBANG. POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Haryanto, H. (2017). FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT KEBIJAKAN JANGKA PANJANG PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI DALAM PEMBANGUNAN CENTRAL BUSINESS DISTRICT. Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 1(2).

Hilman, Y. A. (2019). Ponorogo is wonderfull (Perkembangan pariwisata di Kabupaten Ponorogo dalam perspektif kewilayahan). Penerbit CALINA MEDIA.

ISLAM, F. S. D. A. N. H. (n.d.). IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10 TAHUN 2009 TENTANG KEPARIWISATAAN DALAM MELAKUKAN PROMOSI DESTINASI WISATA DI DAERAH KABUPATEN BONE.

Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish.

Mulae, S. O., & Said, R. M. (2019). Strategi Penilaian Objek Wisata Cengkeh Afo Sebagai Upaya Penguatan Sektor Pariwisata Di Ternate. Humano: Jurnal Penelitian, 10(1), 364–374.

RIZAL, Y. (2019). Strategi Pengembangan Usahatani Jagung Hibrida. Universitas Siliwangi.

Romdhoni, A. (2015). RELASI MAKAM, PESANTREN, DAN PEDAGANG: Pengaruh Ziarah Terhadap Pendidikan dan Ekonomi di Kajen Kabupaten Pati. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 1(2).

Sahir, S. H., Fadhli, M., Sudirman, A., Hasibuan, A., Chamidah, D., Salmiah, S., Sherly, S., Revida, E., Simarmata, J., & Purba, S. (2020). Keterampilan Manajerial Efektif. Yayasan Kita Menulis.

Supriatna, J. (2014). Berwisata alam di taman nasional. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Tandilino, S. B., & Alang, J. K. (2021). STRATEGI MODEL PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA NASIONAL (DPN) KOTA KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR DALAM MENDUKUNG PROGRAM MP3EI KORIDOR V. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, 4(2), 94–106.

Wati, R. P. R. (2019). Promosi Wisata Religi (Studi Deskriptif Tentang Upaya Promosi Wisata Religi Makam Siti Fatimah Binti Maimun Oleh Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Gresik). UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Published
2022-06-08
How to Cite
Mukhirto, M., Dwijayanto, A., & Fathoni, T. (2022). Strategi Pemerintah Desa Gandukepuh Terhadap Pengembangan Objek Wisata Religi. Journal of Community Development and Disaster Management, 4(1), 23-35. https://doi.org/10.37680/jcd.v4i1.1264
Abstract views: 1762 , PDF (Indonesia) downloads: 1142

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>