Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Gambar Pada Murid Kelas IVA SDN Sudirman III Kota Makassar

Authors

  • Nuzalia Nuzalia Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Nurdin Nurdin Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Tri Gustaf Said Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5167

Keywords:

Learning Outcomes, Civics, Snowball Throwing Learning Model Assisted by Image Media

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media gambarpada murid kelas IVA SDN Sudirman III Kota Makassar. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah murid kelas IVA SDN Sudirman III Kota Makassar sebanyak 23 murid. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes (evaluasi), dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang dicapai secara kuantitatif yaitu: (1) Pada siklus pertama diperoleh nilai rata-rata hasil belajar murid Kelas IVA SDN Sudirman III Kota Makassar yaitu 59,3 (2) Pada siklus kedua diperoleh nilai rata-rata hasil belajar murid kelas IVA SDN Sudirman III Kota Makassar lebih tinggi yang mencapai 86,3. Ketuntasan belajar PPKn murid kelas IVA SDN Sudirman III Kota Makassar juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 9 (39,1%) murid mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 23 (100%) murid mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Hal ini berarti ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah murid yang tuntas mencapai 80%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PPKn pada murid kelas IVA SDN Sudirman III Kota Makassar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media gambar.

Downloads

Published

2024-05-15