Penggunaan Media Kubus Satuan Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Volume Kubus dan Balok Kelas 5 SDN 3 Limboto

Authors

  • Inda Anggraini Supu Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
  • Herson Anwar Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
  • Miftha Huljannah Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i01.5553

Keywords:

Kubus Satuan, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Volume Kubus Dan Balok

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan media kubus satuan dengan model problem based learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar materi volume kubus dan balok kelas 5 SDN 3 Limboto. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Waktu pelaksanaan penelitian selama 1 bulan, tempat penelitian sdn 3 limboto, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Limboto, jumlah siswa tahun ajaran 2023-2024 sebanyak 30 siswa yaitu 16 laki-laki dan 14 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa materi volume kubus dan balok dengan menggunakan media kubus satuan meningkat. Pada siklus I tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran belum tercapai, terdapat 50% siswa yang mendapatkan nilai diatas rata-rata. Siklus 2 tingkat penguasan siswa terhadap pembelajaran dapat tercapai, karena telah mencapai 83%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar materi volume kubus dan balok kelas V SDN 3 Limboto.

Downloads

Published

2024-07-04