EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TIK POKOK BAHASAN MICROSOFT EXCEL
DOI:
https://doi.org/10.37680/almikraj.v2i2.5631Keywords:
Media, Video Tutorial, Hasil Belajar, TIKAbstract
Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan telah mengubah cara pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan, termasuk di dalamnya penggunaan media video tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media video tutorial dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran TIK dengan fokus pada Microsoft Excel. Metode penelitian eksperimental digunakan dengan mengumpulkan data dari dua kelompok siswa: kelompok eksperimen yang menggunakan video tutorial sebagai metode pembelajaran tambahan, dan kelompok kontrol yang belajar dengan metode konvensional. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan uji statistik menunjukkan perbedaan yang signifikan secara numerik antara kedua kelompok dalam hal pemahaman konsep-konsep dasar Microsoft Excel, kemampuan mengoperasikan aplikasi, dan penerapan keterampilan praktis dalam konteks pekerjaan sehari-hari. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan video tutorial sebagai salah satu strategi pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dalam mata pelajaran TIK, khususnya dalam menguasai Microsoft Excel. Penelitian ini memberikan sumbangan penting terhadap literatur mengenai pendidikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dengan menekankan peran teknologi dalam membentuk pengalaman belajar yang lebih dinamis dan interaktif. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi media video tutorial sebagai pendekatan pembelajaran yang mendukung di sekolah-sekolah untuk meningkatkan pencapaian akademis siswa dalam mata pelajaran TIK.