Brand Attachment Penggemar dan Idola Melalui Konten Fanatisme

Authors

  • RR Roosita Cindrakasih Universitas Bina Sarana Informatika
  • Agung Rahardjo Universitas Bina Sarana Informatika
  • Eni Saeni Universitas Bina Sarana Informatika
  • Marlina Rahmi Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i01.6637

Keywords:

Brand Attachment, Fanatisme, JKT48

Abstract

Industri musik di Indonesia terus berkembang. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya ragam musik yang hadir di Indonesia. Salah satu ragam musik tersebut adalah J-Pop. J-Pop merupakan ragam musik pop yang berasal dari Jepang. JKT48 merupakan salah satu grup musik J-Pop yang membawakan konsep idola dan memiliki basis utama di Jakarta. JKT48 merupakan sister group atau grup cabang dari grup idola asal Jepang, AKB48. Konsep idola yang dimiliki oleh JKT48 adalah konsep idola binaan. Konsep idola binaan berfokus untuk menampilkan perjuangan, proses, dan usaha yang dilakukan oleh anggota grup idola binaan terkait untuk bisa menjadi seorang idola yang sempurna. Salah satu bentuk konten yang dibuat penggemar adalah Kamaniya’s Diary. Kamaniya’s Diary membuat akun khusus di media sosial X dengan username @kamaniya_diary yang didedikasikan untuk mengabadikan momen seorang anggota JKT48 bernama Greesella Sophina Adhalia. enelitian ini bertujuan untuk mengetahui fanatisme fansite @kamaniya_diary dalam menciptakan brand attachment antara penggemar dengan idola melalui konten media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian didapatkan melalui wawancara informan dan observasi sebagai data primer serta dokumentasi dari informan, artikel, penelitian terdahulu, dan konten yang relevan sebagai data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fanatisme yang dimiliki oleh fansite Kamaniya’s Diary adalah fanatisme yang positif.

Downloads

Published

2024-12-29