Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Sikap Percaya Diri pada Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas IV SD Islam Arrisalah Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo
Keywords:
Metode Pembelajaran Role Playing, Sikap Percaya DiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan sikap percaya diri pada mata pelajaran SKI siswa kelas IV SD Islam Arrisalah. Jenis penelitian ini menggunnakan field reseach (penelitian lapangan) dengan metodologi pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Islam Arrisalah Slahung Ponorogo dengan prosedur pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi data. Hasil analisis data yang diperoleh simpulan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran role playing pada mata pelajaran SKI kelas IV SD Islam Arrisalah adalah dengan berlatih skenario yang telah disiapkan pengajar, pembagian kelompok, penjelasan kompetensi, penampilan skenario, pembahasan dan penilaian masing-masing kelompok, serta evaluasi. (2) Peningkatan sikap percaya diri siswa kelas IV SD Islam Arrisalah sudah meningkat dengan baik. Siswa sudah menunjukan perubahan sikap percaya diri seperti siswa sudah terbiasa maju di depan kelas, siswa sudah mulai aktif dalam pembelajaran, dan siswa sudah berani menunjukan dirinya di depan teman-temannya. (3) Kendala yang dialami pada awal penerapan metode role playing yaitu minimnya jam pelajaran dan kesulitan dalam berlatih skenario karena beberapa siswa yang merasa kurang percaya diri.