Urgensi Sekolah Berintegritas : Penyangga Nilai Karakter Di Era Digital
Implementasi Sekolah Berintegritas SMAN 1 Magelang
DOI:
https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i2.8368Keywords:
Implementasi,, Sekolah Berintegritas, , Penguatan Karakter, Era DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi sekolah berintegritas sebagai penyangga nilai-nilai karakter di era dgital, dan implementasi sekolah berintegritas di SMAN 1 Magelang. Penelitian ini bersifat lebih mendalam dibanding penelitian lainnya yang sejenis, yaitu mengungkapkan strategi menanamkan nilai-nilai integritas ditinjau dari aspek kepemimpinan, manajerial, kurikulum, dan organisasi siswa. Penelitian ini juga mengungkapkan bagaimana peran kepala sekolah, guru, dan peserta didik menegakkan nilai-nilai integritas, serta bagaimana keterkaitan integritas dengan penguatan karakter di era digital. Penelitian ini merupakan kajian penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian kualitatif diungkapkan yaitu memahami fenomena tentang yang dialami subjek penelitian yaitu sikap, perilaku, dan tindakan dll. Penelitian ini memungkinkan peneliti untuk lebih memahami objek penelitian secara mendalam. Metode yang dipilih merupakan studi kasus, yaitu menelaah fenomena implementasi sekolah berintegritas di SMAN 1 Magelang pada tahun 2025 dan urgensi sekolah berintegritas sebagai penyangga nilai karakter di era digital, untuk mendapatkan akurasi informasi sekolah berintegritas di SMA Negeri 1 Magelang. Data diperoleh dari fakta-fakta di lapangan, dikumpulkan, disusun, dan dikaitkan satu fakta dengan fakta lainnya, kemudian dianalisa, untuk kemudian dijadikan suatu kesimpulan. Penelitian ini membuktikan urgensi implementasi sekolah berintegritas yaitu dapat membangun lingkungan belajar yang aman, kondusif, dan meningkatkan well being peserta didik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi sekolah berintegritas di SMAN 1 Magelang merupakan penyangga penguatan nilai karakter di era digital, dibuktikan dengan peningkatan kualitas peserta didik khususnya peningkatan good morality atau peningkatan karakter baik pada peserta didik, dan peningkatan prestasi. Tata kelola implementasi sekolah berintegritas diterapkan dengan prinsip good governance.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aisjah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


