Implemnentasi Bimbingan Belajar C3 (Cerdas, Cermat, Ceria) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Bedoho Sokoo Ponorogo
Implementation of C3 (Smart, Careful, Cheerful) Tutoring in Improving Student Learning Achievement at State Elementary School 1 Bedoho Sokoo Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.37680/jcd.v6i2.5919Keywords:
ABCD, Bimbingan Belajar, Pengabdian MasyarakatAbstract
Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan metodologi pengembangan komunitas berbasis aset (ABCD) untuk meningkatkan kemajuan belajar siswa melalui program pendidikan C3 (Cerdas. Cermat, Ceria) di Sekolah Dasar Negeri 1 Dukoh Jetis, Desa Bedoho, Kecamatan Soko . Bimbingan cerdas, cermat, ceria muncul untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi kompetisi cerdas cermat atau ujian dengan lebih baik dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Program bimbingan ini dirancang untuk melatih siswa agar lebih tanggap dan mampu menganalisis pertanyaan dengan peningkatan kepercayaan diri nya. Metode ABCD digunakan untuk mengoptimalkan kapasitas lokal ketika merancang dan melaksanakan program bimbingan liburan sekolah. Penelitian ini menggunakan desain pre-test-post-test untuk mengevaluasi dampak program terhadap kemajuan belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes akademik, observasi dan angket yang melibatkan siswa, guru dan masyarakat. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan kemajuan belajar siswa yang signifikan serta peningkatan partisipasi sosial dalam pendidikan. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan ABCD dalam program kepemimpinan C3 tidak hanya meningkatkan hasil pendidikan, namun juga memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat. Studi ini menunjukkan efektivitas model pengabdian masyarakat dalam konteks pendidikan dasar dan berkontribusi terhadap pengembangan strategi kepemimpinan inklusif dan berkelanjutan
References
Ansori, T. (2018). Optimalisasi Peran Pemuda Melalui NTC (Ngrayun Tourism Creative) dalam Menciptakan Ekonomi Kreatif di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 176-190.
Dermawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2013.
Elvira, Bella, Elly Sukmanasa, and Tatang Muhajang. “Peran Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) 1, no. 2 (2019).
Fauzi, Mochamad Fikri. “Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Program Bimbingan Belajar, Pemberdayaan Pendidik Dan SMP-IT Di Kp. Pasir Uncal, Desa Mekarsari, Kabupaten Garut.” Jurnal Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1, no. 58 (2021).
Ilma, Sendyta Meilani dan Mughniatul. “Peningkatan Minat Baca Anak Melalui Program Sehari Bersama Seleb (Selembar Buku) Di Desa Jonggol Jambon Ponorogo” Pucuk Kebung.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2021).
Inkiriwang, Rizky Rinaldy. “Kewajiban Negara Dalam Penyediaan Fasilitas Pendidikan Kepada Masyarakat Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidkan Nasional.” Jurnal Lex Privatum 2, no. 8 (2020).
Janah, Azizatul, and Fendi Krisna Rusdiana. “Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Sd Melalui Program Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Desa Pagutan Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 3 (2022).
Larasati, Lintang, and Annisa Nur Fadilah. “Kaitan Antara Pendidikan Non-Formal (Bimbingan Belajar) Dengan Hasil Belajar Anak Desa Jambuluwuk.” Jurnal Educivilia: Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2023).
Margono. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT.Renika Cipta, 2010.
Masnawati, Eli, Muhammad, and Zahrotun Nafisah. “Optimalisasi Pendidikan Melalui Bimbingan Belajar Di Malam Hari.” Jurnal Communnity Development 4, no. 1 (2024).
Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng Lamongan.” Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (2019).
Puspitasari, Ardiana, and Ayunda Riska Puspita. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia 6-9 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai Di Desa Carangrejo.” Jurnal Prodimas Prowiding Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2021).
Safira, Neneng Uswatun Hasanah Martha Eri, and Atika Nur Hasanah. “Strategi Belajar Daring Yang Efisien Dan Menyenangkan Bagi Siswa Sekolah Dasar Desa Kertosari” Khadimul Ummah.” Journal Of Social Dedication 4, no. 2 (2021).
Santoso, Agus dan Yunni Rusmawati. “Pendampingan Belajar Siswa Di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng Lamongan.” Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (2019).
Widiyani, Umi, and Anis Hidayatul Imtihanah. “Pemanfaatan Masjid Dan Poskamling Sebagai Pos Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pendampingan Pada Masa Pandemi Di Dukuh Goran, Desa Bungkal, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo.” Jurnal Prodimas: Prosiding Pengabdian Masyarakat 1 (2021)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JCD: Journal of Community Development and Disaster Management rekomendasi pencipta untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan batasan pencipta untuk memiliki hak publikasi tanpa batasan, juga pemilik hak komersial atas artikel tersebut adalah pencipta.