Kesiapsiagaan Madrasah Ibtidaiyah Kulon Progo dalam Menghadapi Ancaman Gempa Megathrust

Preparedness of Madrasah Ibtidaiyah Kulon Progo in Facing the Threat of a Megathrust Earthquake

Authors

  • M. Nelvandi Setiawan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Budi Santoso Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Endah Tri Wulandari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37680/jcd.v7i1.7340

Keywords:

Kesiapsiagaan, Gempa Megathrust, Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan kebencanaan, simulasi dan pelatihan

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kulon Progo merupakan sekolah yang berada di wilayah rawan gempa megathrust dan tsunami. Meskipun telah menerima pelatihan dan simulasi dari MDMC, evaluasi terhadap kesiapan sekolah belum dilakukan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesiapsiagaan MI Kulon Progo dalam penanganan ancaman gempa megathrust . Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari guru yang telah mengikuti pelatihan dan simulasi, dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan tematik berdasarkan model Creswell, melalui tahapan menyiapkan data, membaca menyeluruh, coding, penyusunan tema, dan interpretasi makna. Guru memiliki pemahaman dasar mengenai bencana dan gempa megathrust , namun belum sepenuhnya ilmiah. Sekolah telah memiliki SOP, namun implementasinya belum merata. Faktor yang mempengaruhi kesiapsiagaan meliputi efikasi diri, dukungan komunitas, pengalaman, serta aspek psikologis. Kesiapsiagaan MI Kulon Progo dalam menghadapi gempa megathrust berada pada tingkat cukup, namun belum merata dan menyeluruh pada seluruh komponen sekolah. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan dan simulasi berkala yang melibatkan seluruh warga sekolah, SOP pembaruan yang sesuai konteks lokal, serta peningkatan edukasi kebencanaan yang berkelanjutan dan menyeluruh.

References

Almukarramah, F., Fadhillah, A., & Sudrajat, A. (2019). Integrasi konsep kebencanaan dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 118–130. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13439

Arlikatti, S., Huang, S.-K., Yu, C.-H., & Hua, C. (2019). Drop, Cover and Hold On or Triangle of Life: Attributes of Information Sources Influencing Earthquake Protective Actions. International Journal of Safety and Security Engineering, 9(3), 213–224. https://doi.org/10.2495/SAFE-V9-N3-213-224

Ayub, S., Kosim, K., Gunada, I., & Verawati, I. (2020). Analisis kesiapsiagaan bencana pada siswa dan guru di sekolah dasar negeri 6 mataram. Orbita Jurnal Kajian Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 129. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.1944

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2025). Geoportal Data Bencana Indonesia. Diakses pada 13 Februari 2025, dari https://gis.bnpb.go.id/

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. (2023). Laporan situasi gempa bumi DIY 30 Juni 2023. Retrieved from https://bpbd.jogjaprov.go.id/berita/laporan-situasi-gempa-bumi-diy-30-juni-2023-

Bayageldi, N. K., Binici, D. K., & Uzun, F. G. (2019). The effects of psychological first aid training on disaster preparedness perception and self-efficacy. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31683114

Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approach 5th ed. In SAGE Publications. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3

GADRRRES, & UNISDR, Comprehensive school safety: a global framework in support of the global alliance for disaster risk reduction and resilience in the education sector. Global Alliance for Disaster Risk Reduction in the Education Sector (GADRRRES) and the United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNISDR), Retrieved from, https://www.unisdr.org/files/51335_cssbooklet201 7updated.pdf, 2017.

Gandarasa, A., Wijaya, H., & Yuwono, A. Analisis Riwayat Waktu Fondasi Tiang Tunggal Dan Kelompok Di Tanah Lunak.

Hafida, S., Sutama, S., & Fatonah, A. (2019). Exploring school preparedness to develop safe school in disaster-prone areas. https://doi.org/10.4108/eai.7-8-2019.2288411

Havwina, T., Maryani, E., & Nandi, N. (2017). Pengaruh pengalaman bencana terhadap kesiapsiagaan peserta didik dalam menghadapi ancaman gempabumi dan tsunami. Jurnal Geografi Gea, 16(2), 124-131.

K.C., R. (2022). Study of earthquake preparedness in kathmandu city, nepal. Journal of Apf Command and Staff College, 5(1), 71-92. https://doi.org/10.3126/japfcsc.v5i1.49348

LIPI-UNESCO/ISDR (2006). Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi & Tsunami. In Jakarta: Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Maharani, N., & Andika, I. K. A. (2020). Tingkat pengetahuan siswa tentang kesiapsiagaan bencana gempa bumi di SMPN 3 Kuta Selatan, Badung, Provinsi Bali. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 32–38. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.32-38

Miller, R. and Hui, I. (2022). Impact of short school closures (1–5 days) on overall academic performance of schools in california. Scientific Reports, 12(1). https://doi.org/10.1038/s41598-022-06050-9

PAMOR Jogja. (2024). Data kejadian gempa di Kulon Progo. Retrieved from https://pamor.jogjaprov.go.id

Pawirodikromo, W., Makrup, L., Teguh, M., & Suryo, B. (2020). Development of synthetic ground motion at a specific site in yogyakarta town, indonesia utilizing the psha method. E3s Web of Conferences, 156, 02011. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202015602011

Pranata, S., Saftantri, D., Putri, R. A., Ashshofiyyah, N. T., Hasanah, R., Putri, N. A., … & Nurkholis, N. (2023). Pengaruh pelatihan dan simulasi manajemen bencana terhadap tingkat pengetahuan dan kesiapsiagaan bencana di sekolah dasar negeri 1 banyuroto magelang. Journal Nursing Research Publication Media (NURSEPEDIA), 2(3), 148-155. https://doi.org/10.55887/nrpm.v2i3.45

Puspitasari, A. E., Bima, D. P. S., & Dewi, T. P. (2018). Mitigasi bencana berbasis kearifan lokal di Desa Tieng, Kabupaten Wonosobo. Jurnal Geografi Lingkungan Tropik, 2(2), 51–60. https://doi.org/10.7454/jglitrop.v2i2.51

Roza, S. H., Yenti, M., Haq, A., & Putri, A. P. (2020). Upaya peningkatan kapasitas kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami pada komunitas sekolah di smp negeri 13 padang. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 3(1), 64-75. https://doi.org/10.25077/bina.v3i1.209

Ruddin, F., Nurhabibi, P., & Saputra, B. (2022). Persepsi risiko bencana pada mahasiswa di Kota Padang ditinjau dari pengalaman dan variabel demografis. Jurnal Kawistara, 12(2), 229–242. https://doi.org/10.22146/kawistara.72639

Wulandari, A., Anggraini, A., & Suryanto, W. (2018). Hypocenter analysis of aftershocks data of the mw 6.3, 27 may 2006 yogyakarta earthquake using oct-tree importance sampling method. Applied Mechanics and Materials, 881, 89-97. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/amm.881.89

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

M. Nelvandi Setiawan, Budi Santoso, & Endah Tri Wulandari. (2025). Kesiapsiagaan Madrasah Ibtidaiyah Kulon Progo dalam Menghadapi Ancaman Gempa Megathrust: Preparedness of Madrasah Ibtidaiyah Kulon Progo in Facing the Threat of a Megathrust Earthquake. Journal of Community Development and Disaster Management, 7(1), 427–435. https://doi.org/10.37680/jcd.v7i1.7340