Pengaruh Edukasi Kesiapsiagaan Menggunakan Media Mobile Learning Terhadap Tingkat Pengetahuan Menghadapi Resiko Gempa Bumi Pada Smk Muhammadiyah 1 Bantul

Authors

  • Andi Muhammad Teguh Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Endah Tri Wulandari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Ratih Kusuma Dewi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37680/jcd.v7i2.7785

Keywords:

Mobile Learning, Pengetahuan, Kesiapsiagaan Gempa Bumi

Abstract

Bencana alam merupakan peristiwa yang membawa dampak signifikan terhadap kehidupan manusia, tidak hanya dalam bentuk kerusakan lingkungan, tetapi juga pada aspek sosial dan ekonomi akibat terganggunya infrastruktur. Kesiapsiagaan menghadapi bencana sangat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi kesiapsiagaan melalui media mobile learning terhadap peningkatan pengetahuan dalam menghadapi risiko gempa bumi di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan rancangan one group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling dengan jumlah responden sebanyak 60 siswa yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil menunjukkan bahwa sebelum diberikan edukasi, mayoritas responden memiliki tingkat pengetahuan dalam kategori sedang (63,3%), sedangkan setelah intervensi, terjadi peningkatan signifikan ke kategori baik (73,3%). Uji statistik menunjukkan nilai signifikansi p = 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan adanya pengaruh yang signifikan antara edukasi menggunakan mobile learning terhadap tingkat pengetahuan kesiapsiagaan gempa bumi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media mobile learning merupakan metode edukatif yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan bencana. Oleh karena itu, disarankan agar pengembangan media mobile learning terus dilakukan agar lebih mudah diakses dan digunakan oleh lebih banyak individu, serta dapat menjadi sarana edukasi kebencanaan yang lebih luas.

References

Akbar, A. A., Zuleyka, A., Hanum, N. C., & Sari, Y. N. (2022). Penerapan Konseling

Krisis Dengan Pendekatan Realitas Sebagai Upaya Mengatasi MentalBlock Pada

Anak Pasca Bencana Alam. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan

Konseling Universitas Negeri Malang, Vol 0(0), 260–271.

Al Banna, F. H., & Dewi, R. P. (2025). Pengaruh Pengetahuan terhadap Kesiapan Siswa

dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi di SMA Negeri 1 Wedi Kabupaten Klaten. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 13(1), 97–109.

Alviana, A. D., Jamil, M., & Asri, Y. (2025). Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan

Bencana Gempa Bumi Pada Siswa SDN 1 Bandungrejo Bantur. 05(01), 13–19.

Antari & setyaningrum. (2023). Pengaruh Video Edukasi Bencana Gempa Bumi

Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Pada

Siswa SDN 1 Pundong Bantul, Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masa Depan,

(April), 138–148.

Barus, S., & Aminah, S. (2021). Penerapan Pola Simulasi Mitigasi Bencana Alam (

Gempa Bumi) Pada Guru dan Orang Tua Siswa. 9(1), 41–48. BNPB. (2025). Indeks

Risiko Bencana Indonesia Tahun 2024. 3, 1–374.

Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal

Keperawatan, 12(1), 97.

Dhohirrobbi, A., Islamudin, M. M., Chamidah, N., & Amin, S. (2025). Jurnal

Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia Membangun Kesadaran Siswa Tentang

Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Program Edukasi Abstrak Jurnal

Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia. 6(1), 114–122.

Direja, A. H. S., & Herdiani, T. N. (2023). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android

Sebagai Media Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami.

Digital Transformation Technology, 3(2), 724–734.

Endah Tri Wulandari, C. A. F. (2025). Jurnal Keperawatan. 17(September), 487– 492.

Fatimah, F. S., Sarwadhamana, R. J., Dami, N. A., & Aulia, M. (2023). Edukasi

Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di SD Negeri Krajan. 03(02),

–79.

Imania, K. A. N. (2020). Pengembangan Flipped Classroom Dalam Pembelajaran

Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran.

(September), 122–127.

Langitan, R. E., & Manggasa, D. D. (2022). Edukasi Mitigasi Bencana Meningkatkan

Pengetahuan dan Keterampilan Masyarakat Menghadapi Bencana Gempa Bumi.

Lataima, N., Siagian, M. L., & Rhomadona, S. W. (2024). Pengaruh Edukasi Berbasis

Digital Terhadap Pengetahuan Dan Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran Pada

Warga Griya Surabaya Asri Rt/Rw 005/004 Surabaya. Jurnal Keperawatan, 13(1),

–42.

Maharani, N. (2020). Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kesiapsiagaan Bencana

Gempa Bumi Di SMPN 3 Kuta Selatan Badung Provinsi Bali. PENDIPA Journal

of Science Education, 4(3), 32–38.

Narayana, A. I. G., Sukarja, I. M., Sukawana, I. W., & Juniari, N. M. (2022). Edukasi Media Audiovisual Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa dalam Menghadapi

Bencana Gempa Bumi. Jurnal Gema Keperawatan, 15(2), 160– 171.

Nurhaliza, S., Sugiyanto, S., Susanti, S., & Syagitta, M. (2023). Hubungan Pengetahuan

dengan Kesiapsiagaan Gempa Bumi pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah

Pertama. Jurnal Keperawatan Indonesia Florence Nightingale, 3(2), 1–7.

Rahmayanti, Y. N., Wulandari, D., Novitayanti, E., & Papahan Indah, G. (2024).

Pengaruh Edukasi Kebencanaan Terhadap KEesiapsiagaan Menghadapi

Bencana. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 15(2), 267–271.

Shodiq, M., Hamid, M. A., & Handayani, L. T. (2022). Pengaruh Edukasi Mitigasi

Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir Pada Masyarakat Dusun

Gaplek Desa Suci Kecamatan Panti. Doctoral Dissertation, Universitas Jember,

, 1–8.

Siregar, A. A. I., & Theresia, C. (2023). Perancangan Simulasi Prosedur Evakuasi

Darurat Gempa Bumi di Gedung X Berbasis Virtual Reality. Journal of Integrated

System, 6(2), 144–163.

Sunarty, R., & Akmal, M. N. (2024). Implementasi Undang-Undang Nomor 24 Tahun

Dalam Penanggulangan Bencana di Indonesia Risma Sunarty. 6(2), 117–122.

Suparmanto, G. (2022). Penyuluhan evakuasi manual untuk kesiapsiagaan pada

kondisi kebakaran di kelurahan kamal sukoharjo 1) 1,2,3). 6(1), 65–70.

Syahputra, F., Sabrina, E., Tri, R., Fatma, E., & Azzahra, A. (2024). Penggunaan Mobile

Learning Sebagai Media Dalam Proses Belajar Mengajar. 1(2), 789–793.

Virgiani, B. N., Aeni, W. N., & Safitri, S. (2022). Pengaruh Pelatihan Siaga Bencana

dengan Metode Simulasi terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana:

Literature Review. Bima Nursing Journal, 3(2), 156.

Wijaya, O. (2024). Pelatihan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Berbantuan Virtual Reality

bagi Kader Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kretek Bantul Oktomi Wijaya 1,

Dholina Inang Pambudi 2, Muhammad Nur Syuhada 3 2. 859–864.

Zubaidah, T., Ratnasari, D., Zainuddin, A., Yadnya, M. S., Bencana, M. M.,

Informatika, T., Mataram, U., & Reality, A. (2023). Jurnal PEPADU. 4(3), 461–469.

Downloads

Published

2025-08-08

How to Cite

Teguh, A. M., Endah Tri Wulandari, & Ratih Kusuma Dewi. (2025). Pengaruh Edukasi Kesiapsiagaan Menggunakan Media Mobile Learning Terhadap Tingkat Pengetahuan Menghadapi Resiko Gempa Bumi Pada Smk Muhammadiyah 1 Bantul. Journal of Community Development and Disaster Management, 7(2), 585–592. https://doi.org/10.37680/jcd.v7i2.7785