Perbandingan Pembelajaran Al-Qur'an di Arab Saudi dan Indonesia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nur Millah Muthohharoh
Nur Kholis
Puspita Handayani

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini membahas tentang perbandingan pengajaran al Qur’an di Arab Saudi dan Indonesia. Bagaimana pengajaran al Qur’an di Arab Saudi dan Indonesia dalam melatih para siswa dalam membaca al Qur’an dan dan menghafalkannya. Bagaimana system pengajarannya, bagaimana metode pengajarannya, dan apakah ada hal yang menarik dari pengajaran al Qur’an pada dua negara tersebut. Tujuan Untuk mengetahui apakah pembelajaran al Qur’an di Arab Saudi lebih baik dari pada di Indonesia ataukah sebaliknya. Metode Penelitian ini menggunakan systematic Review. Melalui review jurnal tentang pengajaran al Qur’an di Arab Saudi dan Indonesia. Penelusuran literatur dalam systematic Review ini menggunakan aplikasi Harzing’s Publish or Perish 8  dengan Crossref Search. Dari literatur 50 jurnal yang berkaitan tentang pengajaran al Qur’an di Indonesia, terdapat 9 jurnal yang berkaitan dengan pengajaran Al-Qur’an di Indonesia dan 2 jurnal yang berkaitan dengan pengajaran al Qur’an di Arab Saudi. Pencarian literatur jurnal dimulai dari tahun 2016-2021. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pengajaran al Qur’an di Indonesia jauh lebih baik dibandingkan di Arab Saudi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muthohharoh, N. M., Kholis, N., & Handayani, P. (2022). Perbandingan Pembelajaran Al-Qur’an di Arab Saudi dan Indonesia. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 333-341. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1313