Perbandingan Pembelajaran Al-Qur'an di Arab Saudi dan Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1313Keywords:
Teaching Qur'an, Saudi Arabia, IndonesiaAbstract
Latar Belakang Penelitian ini membahas tentang perbandingan pengajaran al Qur’an di Arab Saudi dan Indonesia. Bagaimana pengajaran al Qur’an di Arab Saudi dan Indonesia dalam melatih para siswa dalam membaca al Qur’an dan dan menghafalkannya. Bagaimana system pengajarannya, bagaimana metode pengajarannya, dan apakah ada hal yang menarik dari pengajaran al Qur’an pada dua negara tersebut. Tujuan Untuk mengetahui apakah pembelajaran al Qur’an di Arab Saudi lebih baik dari pada di Indonesia ataukah sebaliknya. Metode Penelitian ini menggunakan systematic Review. Melalui review jurnal tentang pengajaran al Qur’an di Arab Saudi dan Indonesia. Penelusuran literatur dalam systematic Review ini menggunakan aplikasi Harzing’s Publish or Perish 8 dengan Crossref Search. Dari literatur 50 jurnal yang berkaitan tentang pengajaran al Qur’an di Indonesia, terdapat 9 jurnal yang berkaitan dengan pengajaran Al-Qur’an di Indonesia dan 2 jurnal yang berkaitan dengan pengajaran al Qur’an di Arab Saudi. Pencarian literatur jurnal dimulai dari tahun 2016-2021. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pengajaran al Qur’an di Indonesia jauh lebih baik dibandingkan di Arab Saudi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.