Implementation of the Quran Reading Program in Forming Students' Disciplined Character

Authors

  • Annisa Okta Fera Universitas Islam Negeri Sumatera Utara; Indonesia
  • Zulkipli Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara; Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37680/scaffolding.v6i3.6411

Keywords:

Implementation, Reading the Qur'an, Disciplined Character

Abstract

Implementasi program membaca Al-Qur’an dalam membentuk karakter siswa di MTsS Al Khairat Percut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara guru dalam membentuk karakter disiplin siswa dengan mengimplementasikan program membaca Al-Qur’an di  MTsS Al Khairat Percut, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan cara mengimplementasikan program membaca Al-Qur’an dalam membentuk karakter disiplin siswa di MTsS Al Khairat percut dan mendeskripsikan pentingnya program membaca Al-Qur’an dalam membentuk karakter disiplin siswa di MTsS Al Khairat Percut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari pada tahun 2024 di MTsS Al Khairat Percut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif, penelitian ini menggunkan pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini implementasi membaca Al-Qur’an di MTsS Al Khairat Percut berdasarkan pelaksanaan, perencanaan dan evaluasi dalam peningkatan karakter disiplin siswa. Implementasi program membaca Al-Qur’an dalam membentuk karakter sisiwa ini ditandai dengan adanya peningkatan disiplin siswa dalam mengikuti program membaca Al-Qur’an, serta dapat membentuk kepribadian siswa lebih baik lagi, terutama terbiasa dalam membaca Al-Qur’an. Implementasi program ini karenakan oleh dua faktor yaitu, faktor internal yang berasal dari dalam diri sendiri dan eksternal yang berasal dari guru dan lingkungan keluarga, dimana dua faktor ini juga bisa menjadi faktor pendukung dan penghambat.

Published

2025-01-16

How to Cite

Fera, A. O., & Nasution, Z. (2025). Implementation of the Quran Reading Program in Forming Students’ Disciplined Character. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 6(3), 333–352. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v6i3.6411