Proses Review

Semua pengajuan dapat dilakukan menggunakan sistem jurnal online (OJS). Setiap artikel yang masuk akan dicek oleh editor. Artikel yang tidak sesuai dengan kriteria fokus dan cakupan (focus and scope) jurnal ditolak tanpa tinjauan. Naskah yang sesuai dengan kriteria jurnal dan mengikuti pedoman penulisan serta menggunakan template yang berlaku, akan terlebih dahulu dicek plagiasi. Apabila tingkat kesamaan kata/Similarity Index memenuhi standar, maka artikel akan dikirim ke proses review.

Proses review di jurnal ini dilaksanakan dengan sistem telaah buta (blind peer review), jadi tiap artikel akan ditelaah oleh sekurangnya 2 (dua) orang reviewer yang berkapabilitas dalam tema artikel tersebut dan ditugaskan oleh editor untuk melakukan review melalui sistem OJS. Apabila artikel perlu direvisi, maka akan dikembalikan kepada penulis.

Editor membuat keputusan berdasarkan rekomendasi reviewer sebagai berikut:

  • Naskah dapat diterima tanpa perubahan
  • Naskah dapat diterima dengan revisi minor
  • Naskah dapat diterima dengan revisi mayor
  • Naskah ditolak

Gambar di bawah ini dapat membantu penulis memahami proses penyerahan artikel sampai proses penerbitan. Estimasi keseluruhan waktu yang diperlukan adalah 12 pekan (3 bulan).

Pemeriksaan Plagiasi (Screening for Plagiarism)

Demi memastikan artikel yang masuk dan terbit bebas dari plagiasi, editor akan menggunakan perangkat lunak berbasis web Turnitin untuk memeriksa tingkat kesamaan (similarity index) dengan standar kualitas 20%. Proses ini dilaksanakan ketika penulis menyerahkan artikel pertama kali (submit) dan kali kedua atau berikutnya (setelah direvisi berdasarkan masukan reviewer).

Jika artikel memenuhi standar, maka artikel dapat diproses ke tahap berikutnya (review atau publish). Jika belum sesuai, maka penulis akan diminta untuk memperbaikinya.

Selain menggunakan Turnitin, editor juga akan memeriksa dengan Google Scholar dan cara lainnya. Langkah ini dimaksudkan untuk memastikan artikel bukan hasil plagiasi, serta tidak dikirim/diterbitkan juga ke jurnal lainnya (double submission).