PENGARUH CLASSMARKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BOYOLALI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh aplikasi classmarker terhadap hasil belajar IPS di Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan. Populasi penelitian berjumlah 21 siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali. Penelitian ini penulis melakukan uji coba produk di Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling atau pemilihan subjek penelelitian berdasarkan pilihan langsung dari guru yang bersangkutan dikarenakan alasan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan teknik dokumentasi, dengan alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan analisis sttistis dengan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa didapatkan thitung adalah 2,963 dengan ttabel adalah 1,670 sehingga dapat ditulis thitung > ttabel (2,963> 1,670) yang dapat diartikan H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan perhitungan, dapat disimpulkan pengaruh yang signifikan pada penerapan evaluasi pembelajaran berbasis classmarker terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.