PENGARUH CLASSMARKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BOYOLALI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Pranowo Narjosoeripto
Toni Harsan
Para Mitta Purbosari

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh aplikasi classmarker terhadap hasil belajar IPS di Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan. Populasi penelitian berjumlah 21 siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali. Penelitian ini penulis melakukan uji coba produk di Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling atau pemilihan subjek penelelitian berdasarkan pilihan langsung dari guru yang bersangkutan dikarenakan alasan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan teknik dokumentasi, dengan alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan analisis sttistis dengan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa didapatkan thitung adalah 2,963 dengan ttabel adalah 1,670 sehingga dapat ditulis thitung > ttabel (2,963> 1,670) yang dapat diartikan H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan perhitungan, dapat disimpulkan pengaruh yang signifikan pada penerapan evaluasi pembelajaran berbasis classmarker terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Narjosoeripto, P., Harsan, T., & Purbosari, P. (2020). PENGARUH CLASSMARKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BOYOLALI. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(1), 50-56. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i1.263