Sistem pendidikan membutuhkan gerakan kebaruan untuk merespon era industri 4.0. Informasi dan teknologi memengaruhi aktivitas sekolah dengan sangat masif. Informasi dan pengetahuan baru menyebar dengan mudah dan aksesibel bagi siapa saja yang membutuhkannya. Hal ini merupakan tantangan bagi pendidikan di Indonesia. Pada edisi ini, tema jurnal adalah “Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0”. Artikel pertama ditulis oleh Alif Achadah dengan judul “Model Inovasi Pengembangan Kurikulum PAI untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Tulisan kedua ditulis oleh Koko Adya Winata dengan judul “Model Pembelajaran Kolaboratif dan Kreatif untuk Menghadapi Tuntutan Era Revolusi Industri 4.0”. Tulisan ketiga ditulis oleh Salamah dengan judul “Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0”. Tulisan keempat ditulis oleh Medina Nur Asyifah Purnama dengan judul "Nilai-Nilai Pendidikan Moral (Santun dan Hormat pada Orang Lain) dalam Film Animasi Nussa dan Rara (dalam Episode Kak Nussa)". Tulisan kelima ditulis oleh Pranowo Narjosoeripto dengan judul "Pengaruh Classmarker terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali". Tulian terakhir oleh Andi Holilulloh dengan judul “The Learning Process through Social Media for Children: “The Issues and Challenges of Children’s Future”.

Published: 2020-03-10