Peningkatan Inovasi Produk Keripik Tempe "Cipta Rasa" di Ketawang Madiun

Enhancement of Tempe Chip’s Product Innovation "Cipta Rasa" in Ketawang Madiun

  • Husna Ni'matul Ulya Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Renaldin Shadruddin Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Diyan Putri Ayu Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
Keywords: enhancement; tempeh chips; marketing mix; products.

Abstract

The small industrial sector is one alternative form to support economic growth in long-term development in Indonesia. Development of an industry must be supported by cooperation between industries in an effort to increase the volume of production. This research was conducted in Ketawang Village, Dolopo Subdistrict, Madiun Regency. Devotional activities are carried out with research-based aimed at increasing the volume of tempeh chips production in Ketawang, Madiun regency. The method used in this devotion is the ABCD method which consists of inculturation, discovery, design, define, and reflection activities.  Data is collected through interview methods, observations and documentation. The results of the analysis obtained from the results of the study said that the taste variant on the product has a significant influence on the increase in production volume and economic growth in small industries, which can help the economy in Ketawang because of the main constraints of the lack of income of these chips, namely due to the lack of production volume.

Sektor industri kecil merupakan salah satu bentuk alternatif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dalam pembangunan jangka panjang di Indonesia. Perkembangan suatu industri harus didukung dengan kerjasama antar industri dalam upaya meningkatkan volume produksi. Pengabdian dilakukan di Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan berbasis penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan volume produksi keripik tempe di Ketawang, Kabupaten Madiun. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ABCD yang terdiri dari kegiatan inkulturasi, discovery, design, define, dan reflection. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya inovasi varian rasa dan pengemasan pada produk dapat memberikan sumbangan terhadap peningkatan volume produksi dan pertumbuhan ekonomi pada industri kecil, sehingga dapat membantu perekonomian di Ketawang dari kurangnya pendapatan keripik tempe ini, yaitu kurangnya inovasi pada produk.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, R., Een, R., Silviana, S., & dkk. (2020). Pendampingan dan Sosialisasi pada Usaha Toko Kelontong dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi dan Peningkatan Literasi Usaha Toko Kelontong. Jurnal Abdidas, 01(06), 579 – 591. http://abdidas.org/index.php/abdidas

Amriani. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang “Kuporai” Di Desa Tarengge Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Andriani, S., Nisful, L., Nurul, F., & dkk. (2021). Pendekatan ABCD Untuk Meningkatkan Literasi Di Madrasah. Buletin Abdi Masyarakat, 01(02).

Ariani, S. C. (2015). Analisis Implementasi Pengendalian Mutu Pada Proses Produksi Keripik Kentang Umkm Albaeta Di Kabupaten Banjarnegara. Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Cooper, R. G. (2005). Product Innovation. Basic books.

Gunawan. (2021). Wawancara.

Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. J Manaj Dan Kewirausahaan, 14(1), 83–90. https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.83-90

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia, (2002).

Ketawang, Dolopo, Madiun - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (n.d.). Retrieved February 14, 2022, from https://id.wikipedia.org/wiki/Ketawang,_Dolopo,_Madiun

Maulana, A. (2020). Analisis Strategi Usaha Ukm Keripik Tempe Pada Sentra Industri Tempe Sanan Kota Malang. In Published online. Universitas Muhammadiyah Malang.

Putong, I. (2003). Teknik Pemanfaatan Analisis Swot Tanpa Skala Industri (A-Swot-Tsi. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Fakultas Ekonomi Universitas Bina Nusantara, 2, 8.

Putri, D. D., Mulyani, A., & Satriani, R. (2012). Strategi Pemasaran Keripik Pisang Dalam Rangka Mencapai Ketahanan Pangan Di Kecamatan Cilongok. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 08(02).

Sandra, A., & Purwanto, E. (2015). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah Di Jakarta. Business Management Journal, 11(01).

Sutrisno. (2012). Wawancara.

Published
2022-04-13
How to Cite
Ulya, H., Shadruddin, R., & Ayu, D. (2022). Peningkatan Inovasi Produk Keripik Tempe "Cipta Rasa" di Ketawang Madiun. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(1), 97-111. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i1.1290
Abstract views: 958 , PDF (Indonesia) downloads: 1715

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>