Pelatihan e-Learning Berbasis Multiplatform sebagai Wujud Digitalisasi Program MBKM di SMKN 2 Madiun

Multi platform Based e-Learning Training As a Form of Digitization MBKM Program at SMKN 2 Madiun

  • Sekreningsih Nita Universitas PGRI Madiun
  • Andria Andria Universitas PGRI Madiun
  • Faroh Muhammad Lukas Universitas PGRI Madiun
Keywords: e-Learning, Information, Multi Platform, System

Abstract

This service activity aims to provide training to teachers and students at SMKN 2 Madiun regarding the use of a multi-platform-based e-learning information system, where previously at the school implementing e-Learning was only limited to web-based development, not multi-platform based. The method used in this service is the mentoring method or PAR (Participatory Action Research), the training is through lectures and questions and answers as well as the waterfall method in preparation for the service. As A result of the training, the principal invites all teachers to be able to take advantage of this new knowledge and insight in fulfilling the school's expectations of running a multi platform-based e-Learning program as an alternative to a more modern, creative, innovative, and varied learning model in accordance with current developments. 

 

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pada guru dan siswa di SMKN 2 Madiun mengenai pemanfaatan sistem informasi e-learning berbasis multi-platform, dimana sebelumnya di sekolah tersebut dalam mengimplementasikan e-Learning baru sebatas pada pengembangan berbasis web saja, belum berbasis multi platform. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu dengan metode pendampingan atau PAR (Participatory Action Research), pelatihannya melalui ceramah dan tanya jawab serta dengan metode waterfal dalam persiapan pengabdiannya. Hasil akhir dari pelatihan, Kepala Sekolah mengajak seluruh guru untuk dapat memanfaatkan pengetahuan dan wawasan barunya ini dalam memenuhi harapan sekolah menjalankan program e-Learning berbasis multi platform sebagai alternatif model pembelajaran yang lebih modern, kreatif, inovatif serta variatif sesuai dengan perkembangan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andria. 2018. Domain Dan Hosting. Deepublish.

Andria, Setyansah; Reza Kusuma. 2020. “Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Berbasis E-Front.” Indonesian Journal on Networking and Security 9:7–11.

Arjo, Sugianto, Hendrik Seputra, Mirzanur Hidayat, and Tika Kurniawati. 2020. “Pelatihan Manajemen E-Learning Student Centre Di SMA NI Jasinga Kabupaten Bogor Jawa Barat.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):153–62.

Harandi, Safiyeh Rajaee. 2015. “Effects of E-Learning on Students’ Motivation.” Procedia-Social and Behavioral Sciences 181:423–30.

Mircea, G.; Associate, P. D. 2018. The Future of E-Learning : Designing Tomorrow ’ S Education’.

Nita, Sekreningsih, and Faroh Muhammad Lukas. 2022. “Implementasi E-Learning Berbasis Multi platform Pada Dunia Pendidikan Sebagai Solusi Dari Program MBKM.” Pp. 89–95 in STAINS (SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI & SAINS). Vol. 1.

Salamah, Irma, S. Si GANIARDI, and MUHAMMAD ARIS MT. 2016. “PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK E-LEARNING BERBASIS KOMPONEN MULTI PLATFORM.” LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH BERSAING.

Sam, Noer Ekafitri, and Reski Idrus. 2021. “Pengembangan Media E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Basicedu 5(5):4271–80.

Shadek, Teuku Fadjar, and Rulin Swastika. 2017. “Pengembangan Aplikasi Sistem E-Learning Pada Seluruh Mata Kuliah Dengan Menggunakan Program Hypertext Prepocessor (Php) Dalam Rangka Peningkatan Mutu Proses Dan Hasil Pembelajaran.” ProTekInfo (Pengembangan Riset Dan Observasi Teknik Informatika) 4:12–18.

Yunis, Roni, and Kristian Telaumbanua. 2017. “Pengembangan E-Learning Berbasiskan LMS Untuk Sekolah, Studi Kasus SMA/SMK Di Sumatera Utara.” Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI) 6(1):32–36.

Published
2022-10-31
How to Cite
Nita, S., Andria, A., & Lukas, F. (2022). Pelatihan e-Learning Berbasis Multiplatform sebagai Wujud Digitalisasi Program MBKM di SMKN 2 Madiun. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 491-500. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1725
Abstract views: 494 , PDF (Indonesia) downloads: 397