Analisis Abilitas Siswa pada Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran PAdB dengan Menggunakan Rasch Model di SD Ma’arif NU Pandaan Pasuruan

  • Askhabul Kirom universitas yudharta pasuruan
  • Mochamad Hasyim
Keywords: Ability Analysis; Test; Rasch Model

Abstract

Analisis abilitas siswa digunakan untuk memetakan ability siswa sesuai dengan prestasi hasil pengelompokan, serta untuk mengetahui jika didapati siswa yang pola jawabannya tidak sesuai dengan artian ada ketidaksesuaian jawaban yang diberikan berdasarkan abilitas siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif terhadap kumpulan data item dan tanggapan siswa pada Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran PAdB dengan Menggunakan Rasch Model di SD Ma’arif NU Pandaan Pasuruan.

Temuan penelitian sebagaimana berikut: pertama, abilitas tinggi yaitu nomor 3 (tiga) atau kodenya 03P1 sedangkan abilitas paling rendah yaitu  kode 57P2. Kedua, ada 3 (tiga) siswa yang pola responnya dinilai tidak fit yaitu siswa dengan kode 54P2, 37L1, dan 32L1, ke_3 (tiga) siswa tersebut di luar batas kriteria tingkat kesesuaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bambang Sumintono dan Wahyu Widhiarso. (2015). Aplikasi pemodelan Rasch: pada assessment
pendidikan. Trim komunikata.
Boone, W. J., Staver, J. R., & Yale, M. S. (2013). Rasch analysis in the human sciences. Springer.
Kirom, A., & Hasyim, M. (2021). MENGGUNAKAN PENDEKATAN RASCH MODEL DI SD MA ’
ARIF NU KECAMATAN PANDAAN PASURUAN. 2(2), 92–98.
Maruti, I. M. dan E. S. (2016). Evaluasi Pendidikan. CV. AE Media Grafika.
Rivale, M. T. dan W. (2019). Penilaian. PGRI Prov Kalbar.
Published
2021-10-14
How to Cite
Kirom, A., & Hasyim, M. (2021). Analisis Abilitas Siswa pada Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran PAdB dengan Menggunakan Rasch Model di SD Ma’arif NU Pandaan Pasuruan. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 591-600. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1017
Abstract views: 738 , PDF downloads: 797