Analisis Abilitas Siswa pada Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran PAdB dengan Menggunakan Rasch Model di SD Ma’arif NU Pandaan Pasuruan

Authors

  • Askhabul Kirom universitas yudharta pasuruan
  • Mochamad Hasyim

DOI:

https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1017

Keywords:

Ability Analysis; Test; Rasch Model

Abstract

Analisis abilitas siswa digunakan untuk memetakan ability siswa sesuai dengan prestasi hasil pengelompokan, serta untuk mengetahui jika didapati siswa yang pola jawabannya tidak sesuai dengan artian ada ketidaksesuaian jawaban yang diberikan berdasarkan abilitas siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif terhadap kumpulan data item dan tanggapan siswa pada Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran PAdB dengan Menggunakan Rasch Model di SD Ma’arif NU Pandaan Pasuruan.

Temuan penelitian sebagaimana berikut: pertama, abilitas tinggi yaitu nomor 3 (tiga) atau kodenya 03P1 sedangkan abilitas paling rendah yaitu  kode 57P2. Kedua, ada 3 (tiga) siswa yang pola responnya dinilai tidak fit yaitu siswa dengan kode 54P2, 37L1, dan 32L1, ke_3 (tiga) siswa tersebut di luar batas kriteria tingkat kesesuaian.

Downloads

References

Bambang Sumintono dan Wahyu Widhiarso. (2015). Aplikasi pemodelan Rasch: pada assessment
pendidikan. Trim komunikata.
Boone, W. J., Staver, J. R., & Yale, M. S. (2013). Rasch analysis in the human sciences. Springer.
Kirom, A., & Hasyim, M. (2021). MENGGUNAKAN PENDEKATAN RASCH MODEL DI SD MA ’
ARIF NU KECAMATAN PANDAAN PASURUAN. 2(2), 92–98.
Maruti, I. M. dan E. S. (2016). Evaluasi Pendidikan. CV. AE Media Grafika.
Rivale, M. T. dan W. (2019). Penilaian. PGRI Prov Kalbar.

Downloads

Published

2021-10-14

How to Cite

Kirom, A., & Hasyim, M. (2021). Analisis Abilitas Siswa pada Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran PAdB dengan Menggunakan Rasch Model di SD Ma’arif NU Pandaan Pasuruan. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 591–600. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1017