Analisis Penerapan 5 Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar

  • Nureza Fahira Universitas Islam Riau
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau
Keywords: Nilai Karakter, Sekolah Dasar, pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis penerapan 5 nilai karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan 5 nilai karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Metode dalam penelitian menggunakan metode analisis kualitatif.. Teknik pengumpuan data dalam penelitian ini yaitu observas, wawancara, dan telaah dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Nilai religius yaitu menghargai perbedaan, tertib, teguh pendirian, percaya diri, dan persahabatan. Nilai Integritas meliputi nilai dapat dipercaya, keteladanan, memenuhi tugas dan keadilan. Nilai gotong royong meliputi nilai bekerjasama, tolong menolong, sikap kerelawanan, anti diskriminasi, dan solidaritas. Nilai nasionalisme meliputi nilai rela berkorban, unggul dan berprestasi, rasa nasionalisme, taat hukum, taat aturan dan menghormati keragaman suku,budaya dan agama. Nilai mandiri meliputi nilai bekerjasama, kreatif dan berani. Nilai karakter mandiri ini ditekankan kepada siswa dengan berbagai cara, siswa dilatih untuk mampu berfikir kritis, mampu mengekspresikan dirinya serta tidak sungkan untuk bekerjasama dengan teman sebaya nya dalam bertukar fikiran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Andi Muis. 2013. Prinsip-Prinsip Belajar Dan Pembelajaran (Principles of Teaching and Learning). Jurnal Istiqra,1(1).
Arifin, Moh Miftahul. 2016. Strategi Guru Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Studi Multi Kasus Di The Naff Elementary School Kediri Dan Mi Manba’ul Afkar Sendang Banyakan Kediri. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1).
Cinda, Evinna Hendriana dan Jacobus Arnold. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2).
Elpisah, dkk. 2018. Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Smpn 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah Pena, 1(2)
Gunawan, Imam S. M. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Ramadan, Zaka Hadikusuma. 2017. Pemahaman Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Sebagai Suatu Cara Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pigur, 1(1).
Kristiawan, Muhammad. 2015. Telaah Revolusi Mental Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai Dan Berakhlak Mulia. Jurnal Ta’dib, 18(1)
Khotimah Nurul,dkk. 2017. Analisis Kesalahan Jawaban Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Balok di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Vol. 3 No.1
Lestari, Afdhal dan Mustika, Dea. Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Basicedu, 5(3).
Marzuki. 2012. Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1).
Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara
Natalini, Betles dan Tyas Agustina Asri Hardini. 2020. Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sd Kanisius Gendongan Salatiga. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1)
Oktafiani, Adistia Rusmana. 2019. Penerapan Pendidikan Karakter Di Sd. Jurnal Eduscience, 4(2).
Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(3).
Rachmadyanti, Putri. 2017. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2).
Rosita, Lilis. 2018. Peran Pendidikan Berbasis Karakter Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 8(1).
Sain, Muh Hanafy. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, 17(1).
Samrin. 2016. PENDIDIKAN KARAKTER (SEBUAH PENDEKATAN NILAI). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1).
Siwi, Anung Prabandari. 2020. Impelementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1).
Sukitman, Tri. 2016. Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter). Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2)
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Syafira, Wan Nadia dan Ramadan, Zaka Hadikusma. 2021. Analisis Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Di Sd Negeri 18 Pekanbaru. Jurnal Guru Kita, 5(4).
Yulianto, dkk. 2020. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1)
Yusuf, Dedy Aditya.2016. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP, 1(2).
Published
2021-11-19
How to Cite
Fahira, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Penerapan 5 Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 649-660. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1074
Abstract views: 1078 , PDF downloads: 3581