Pengaruh E-Learning dan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

  • Putri Habibillah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung
  • Muhamad Zaini Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung
  • Mambaul Ngadhimah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: E-Learning, Media Sosial, Motivasi Belajar

Abstract

The objectives of this research to explain the effect of (1) E-Learning on the learning motivation; (2) Social Media as a learning medium on the learning motivation; (3) E-Learning and social media as a learning medium on the learning motivation. This research uses a quantitative approach with correlational research type. The data analysis technique used simple and multiple linier regression test. The results of this research indicatet that (1) there is a positive and significant influence between E-Learning on the learning motivation on a simple linier regression test from tcount>ttable (7.295 > 1.97) and a significance value of 0.000 < 0.05; (2) there is a positive and significant influence between social media as a learning medium on the learning motivation on a simple linier regression test from tcount>ttable (7.476 > 1.97) and significance value of 0.000 < 0.05; (3) there is a positive and significant influence between E-Learning and social media as learning media on learning motivation on the calculation of multiple linier regression test from Fcount>Ftable (34.831 > 3.04) and a significance valu of 0.000 < 0.05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, A. and Munir, N.P. (2019) ‘Penerapan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Universityas Cokroaminoto Palopo’, Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).
Aurora, A. and Effendi, H. (2019) ‘Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang’, Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, 5(2).
Badan Pusat Statistik Kabupaten Tulungagung (2019) ‘Jumlah Mahasiswa dan Lulusan menurut Jurusan dan Jenis Kelamin di IAIN Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019’. Available at: https://tulungagungkab.bps.go.id/statictable/2019/09/20/4762/jumlah-mahasiswa-dan-lulusan-menurut-jurusan-dan-jenis-kelamin-di-iain-tulungagung-tahun-ajaran-2018-2019.html.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Tulungagung (2021) ‘Jumlah Mahasiswa dan Lulusan Menurut Jurusan dan Jenis Kelamin di IAIN Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021’. Available at: https://tulungagungkab.bps.go.id/statictable/2021/04/23/5217/jumlah-mahasiswa-dan-lulusan-menurut-jurusan-dan-jenis-kelamin-di-iain-tulungagung-tahun-ajaran-2020-2021.html.
Darmawan, D. (2015) Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Diana, I. et al. (2020) ‘Wawancara Perwakilan Angkatan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung’.
Fathurrochman, I. (2018) ‘Facebook Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar’, ITQAN, 9(1).
IAIN Tulungagung (2020) ‘Institut Agama Islam Negeri Tulungagung Kampus Dakwah dan Peradaban’. Available at: https://iain-tulungagung.ac.id/.
Irfan, M., Nursiah, S. and Rahayu, A.N. (2019) ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar’, Publikasi Pendidikan, 9(3).
Mufidah, M. et al. (2020) ‘Wawancara Perwakilan Kelas A-J Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2018-2019’.
Nasrullah, R. (2015) Media Social: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
‘Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19)’ (2020).
Permana, E.P. (2018) ‘Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar’, PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1).
Rafikasari, E.F. and Rohman, K. (2018) ‘Analisis Deskriptif Pengunjung Perpustakaan IAIN Tulungagung”, dalam Dinamika Penelitian’, Dinamika Penelitian, 18(1).
Sekretaris Kabinet Republik Indonesia (2020) ‘Kabinet Indonesia Maju’. Available at: https://setkab.go.id/.
Shadiqien, S. (2020) ‘Efektivitas Komunikasi Virtual Pembelajaran Daring Dalam Masa PSBB (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin)’, Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1).
‘Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)’ (2020).
‘Surat Edaran Nomor 133 Tahun 2020 Tentang Kesiapsiagaan dan Tindakan Antisipasi Pencegahan Infeksi Virus Corona (Covid-19) di Lingkungan IAIN Tulungagung’ (2020).
Suwastika, I.W.K. (2018) ‘Pengaruh E-Learning Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa’, Jurnal Sistem dan Informatika, 13(1).
Ulfatin, N. (2015) Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Facebook dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sindue Donggala. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Wijanarko, B. (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan WI-FI dan E-Learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Angkatan Tahun 2011-2013. Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2021-12-10
How to Cite
Habibillah, P., Zaini, M., & Ngadhimah, M. (2021). Pengaruh E-Learning dan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 739-756. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1106
Abstract views: 1282 , PDF downloads: 1039