Aktualisasi Humanisasi Pendidikan dalam Pembentukan Kepribadian (Karakter) Muslim

  • Didin Sirojudin

Abstract

Pendidikan adalah salah satu unsur dari aspek sosial – budaya yang berperan sangat strategis dalam pembinaan suatu keluarga, masyarakat dan bangsa.
Kesetrategisan peranan ini pada intinya merupakan suatu ikhtiar yang dilaksanakan secara sadar, sistematis, terarah dan terpadu untuk memanusiakan
peserta didik serta menjadikan mereka sebagai khalifah di muka bumi dan manusia yang sempurna ( insane kamil ).Untuk mewujudkan insane kamil,
maka diperlukan adanya sebuah bentuk pendidikan yang sesuai dengan fitrah dan eksistensi manusia atau yang kita kenal dengan istilah humanisasi, yakni
proses memanusiakan manusia. Dalam arti, manusia adalah makhluk Tuhan yang tidak hanya dilengkapi dengan akal dan keterampilan, tetapi juga
dilengkapi dengan rasa, hati, kepribadian dan nilai abadi yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya.Pada dasarnya, pendidikan sebagai sebuah
kewajiban humanus merupakan proses pemberdayaan masyarakat melalui ilmu pengetahuan. Pedidikan yang humanis memandang kesadaran manusia akan
diri dan dunianya sebagai suatu hasrat (intention) terhadap dunia. Pendidikan yang himanis memberikan kebebasan yang luas untuk berfikir kritis sehingga
manusia mampu untuk mengetahui jati diri dan dunia dimana ia berpijak.Perwujudan Pendidikan yang humanis akan mampu membentuk
pribadi muslim yang tahu akan tugasnya sebagai Abdullah dan khalifatullah di muka bumi.Pribadi muslim yang dimaksud di sini adalah suatu identitas yang
dimilik seseorang sebagai cirri khas dari keseluruhan tingkah lakunyasebagai seorang muslim

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-21
How to Cite
Sirojudin, D. (2019). Aktualisasi Humanisasi Pendidikan dalam Pembentukan Kepribadian (Karakter) Muslim. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(01). Retrieved from https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/138
Abstract views: 836 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1288