Learning Model for Natural Disaster Mitigation Based on Local Wisdom

  • Arifuddin M Arif Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Learning Models; Natural Disaster Mitigation; Local Wisdom

Abstract

The geographical situation of Palu City is rich in local culture and, at the same time, vulnerable to natural disasters. Learning with an insight into natural disaster mitigation based on local wisdom in Junior High Schools (SMP) in Palu City is important. This research aims to explain a learning model with an insight into natural disaster mitigation based on local wisdom in Palu City Junior High Schools (SMP). This research is a type of descriptive qualitative research. The source of research data is learning documents, and the subjects of this research are students and teachers at five junior high schools in Palu City. Data collection techniques were carried out using documentation, observation, and interviews. Data analysis techniques are done by data reduction, classification, and verification. The research results found that the learning model for natural disaster mitigation based on local wisdom was implemented through intracurricular and extracurricular learning activities. Extracurricular activities are taught with a practical preparedness approach in OSIS activities, Scouts, Youth Red Cross (PMR), etc. Intracurricular learning is taught with an integrated approach to natural disaster mitigation material based on local wisdom in Indonesian Language, Natural Sciences, Social Sciences, Civics, and Arts and Culture.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah. 2017. Tsunami di Teluk Palu dan Sesar Palu Koro. Palu: Tadulako Publishing.
Asep Mahpudz, “Mitigasi Bencana Perlu Masuk dalam Kurikulum Lokal”. Harian Palu Ekspress, Edisi 20 Maret 2019.
Cholifah, Tety Nur. 2020. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Bandung: MnC Publishing.
Denzin, Norman K dan Yvonna S. Lincoln. 2021. Handbook Of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djorimi, Iksam. 2019. “Keraifan Tradisional Masyarakat Suku Kaili dalam Mitigasi dan Lingkungan” dalam Makalah Disampaikan pada Workshop Penyusunan Kurikulum Mitigasi Bencana Alam Berbasis Kearifan Lokal, Palu, 20 Januari 2019, 1-17.
Djorimi, Iksam. 2019. Keraifan Tradisional Masyarakat Suku Kaili dalam Mitigasi dan Lingkungan, Makalah Disampaikan pada Workshop Penyusunan Kurikulum Mitigasi Bencana Alam Berbasis Kearifan Lokal, Palu, 20 Januari 2019, 1-17.
Fahrevy, dkk. 2014. Kajian Tingkat Pemahaman Kepala Keluarga dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi di Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Cakradonya Dent J. Nomor 6(2), 2014, 678-744.
Gunawan. 2014. Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana: Studi Kasus di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jurnal INFORMASI Volume 19, Nomor 2, Mei-Agustus, Tahun 2014, 91-106.
H. Baharuddin, Susilawati, Munira, Farida, dkk. Guru PAI dan Budi Pekerti SMP Kota Palu, “Wawancara” di Palu 17 Juli 2019.
Ilyas. 2014. Kajian Penyelesaian Konflik Antar Desa Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Junal Academica, Volume 06 Nomor 01 Februari 2014, 1213-1227.
Indra, Emi. Ketua MGMP PAI dan Budi Pekerti SMP Kota Palu, “Wawancara” di Palu, 14 Juli 2019.
Lasimpo, Givents. 2019. Mitigasi Bencana Berbasis Pengalaman Suku Kaili di Lembah Palu (Palu: IU KOMIU, 2019), 11-22.
Lestari, Nurdiyah, dkk. 2021. Pendidikan Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: UNY Press.
M. Alie Humaedi. 2015. Penanganan Bencana Berbasis Perspektif Hubungan Antara Agama dan Kearifan Lokal. Jurnal Analisa Journal of Social Science and Religion. Volume 22 No. 02 December 2015, 213-226.
Ma’arif, Syamsul. 2012. Kontenstasi Pengetahuan dan Pemaknaan Tentang Bencana Alam. Jurnal Penanggulangan Bencana Volome 3 Nomor 1 Juni 2012, 1-13.
Maknun, Johar. 2015. Pembelajaran Mitigasi Bencana Berorientasi Kearifan Lokal pada Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Kejuruan. ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan, 5(2) Desember 2015, 143-156.
Mulyani, Mimi. 2020. Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: Cipta Nusantara.
Prajoko, Setyo, dkk. 2020. Pembelajaran Mitigas Bencana di Magelang. Magelang: Universitas Tidar Press.
Prihatmoko, Sukmandanu. 2018. Pendidikan Mitigasi Bencana: Upaya Siapkan Warga Sulteng Hadapi Gempa, Paper Pengantar Diskusi yang digelar di Sekretariat AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia) Palu, Sulawesi Tengah, 11 Oktober 2018.
Purnama, Drajat Indra. 2019. Analisis Komponen Utama Pada Data Potensi Kecamatan di Kota Palu Sebelum Bencana Gempa Bumi dan Tsunami 28 September 2018. Jurnal Matematika, Statistik, Komputasi, Volume 16 Nomor 1 Juli 2019, 26-32.
Purwantoro, Suhadi. 2021. “Urgensi Pendidikan Kebencanaan di Indonesia” dalam Prosiding Semiloka Nasional Pendidikan Kebencanaan di Indonesia. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahma, Aldila. 2018. Implementasi Pendidikan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Melalui Pendidikan Formal. Varia Pendidikan, Volume 30, Nomor 1, Juli 2018, 1-11.
Robika Alkadri, Festiyed, dan Asrizal. 2019. Meta Analisis Bahan Ajar Terintegrasi Materi Mitigasi Bencana Alam Terhadap Kompetensi Peserta Didik. Jurnal Pillar of Physics Education, Volume 12, Nomoro 4, Tahun 2019, 857-864.
Rozi, Syafwan. 2017. Local Wisdom and Natural Disaster In West Sumatra. Jurnal el Harakah Vol. 19 No. 1 Tahun 2017, 3-19.
Rubaidi. 2018. Pengarusutamaan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Berbasis Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian. Volume 13, Nomor 2 November, 2018, 283.
Ruyadi, Yadi. 2019. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Bandung: Indonesia Emas.
Sahlan, Muhammad. 2019. Kearifan Lokal dan Peran Elit Agama dalam Mitigasi Bencana di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie. Jurnal Sosiologi USK Volume 13, Nomor 1, Juni 2019, 72-88.
Saleh, Sukmawati. 2013. Kearifan Lokal Masyarakat Kaili Sulawesi Tengah. Jurnal Academica, Vol .05 No. 02 Oktober 2013, 1126-1134.
Salmi, Kepala Seksi Kurikulum SMP Dikbud. Kota Palu, “Wawancara” di Dikbud. Kota Palu 08 Agustus 2019.
Seknas. 2019. Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Indonesia: Kebijakan dan Implementasi di Indonesia. Jakarta: Kemendikbud. RI.
Seknas. SPAB Kemendikbud. 2015. Road Map Implementasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Indonesia Tahun 2015-2019. Jakarta: Kemendikbud. RI.
Siswanto. 2008. Pendidikan Islam Berwawasan Lingkungan Hidup dalam Jurnal Karsa, Vol. XIV No. 2 Oktober 2008, 87.
Sriyati, Ramadhani. 2011. Kondisi Seismisitas dan Dampaknya di Kota Palu, Jurnal Infrastruktur, Volume 1 Nomor 2, Desember 2011, 111-119.
Suhardjo, Drajat. 2011. Arti Penting Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Mengurangi Resiko Bencana. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Juni 2011, Tahun XXX, Nomor 2, 174-188.
Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional No.70a/MPN/SE/2010 tentang Pengarusutamaan Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah. Tanggal 31 Maret 2010.
Sutiadi, Ansyar. 2019. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, “Wawancara” di Kantor Dikbud. Kota Palu 07 Agustus 2019.
W. Hamilton. 2018. Tectonics of Indonesian Region. Washington DC: U.S. Govt. Print.
Wignyo Adiyoso dan Hidehiko Kanegae 2013. Efektivitas Dampak Penerapan Pendidikan Kebencanaan di Sekolah terhadap Kesiapsiagaan Siswa Menghadapi Bencana Tsunami di Aceh, Indonesia. Jurnal Edisi 03/Tahun XIX/2013, 31-44.
Zamroni, M. Imam Zamroni. 2011. Islam dan Kearifan Lokal dalam Penanggulangan Bencana di Jawa. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, Volume 2 Nomor 1 Juni 2011, 1-10.
Zela Septikasari dan Yulia Ayriza. 2018. Strategi Integrasi Pendidikan Kebencanaan dalam Optimalisasi Ketahanan Masyarakat Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Ketahanan Nasional. Volume 24, Nomor1, April 2018, 47-59.
Zulfadrim, Y Toyoda, H Kanegae. 2018. The Implementation of Local Wisdom in Reducing Natural Disaster Risk: a Case Study from West Sumatera. Journal Earth and Environmental Science 106 (2018), 2-16.
Published
2024-04-30
How to Cite
Arif, A. (2024). Learning Model for Natural Disaster Mitigation Based on Local Wisdom. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 16(1), 255-264. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v16i1.4412
Abstract views: 59 , PDF downloads: 32