Kebijakan Tata Kelola Layanan di Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Muhammadiyah Sorong
Abstract
The education sector is one of the sectors affected by the Covid-19 pandemic. There is a government regulation that limits activities outside the home that impacting to education activities by eliminating face-to-face lectures replaced with online lectures or learning from home. This research contributed directly to the Muhammadiyah Organization, especially regarding the implementation of service governance policies in the University of Muhammadiyah Sorong. The method in this research is descriptive qualitative. Based on the results of the study, it was found that the services provided, both administrative and academic services, since the stipulation of the Covid-19 pandemic period were carried out online. Furthermore, the use of technological facilities and infrastructure to implement has been maximized. In addition, information was obtained that there were two inhibiting factors in service governance policies during the Covid-19 pandemic at the University of Muhammadiyah Sorong, namely the lacking of technological infrastructure and limited internet network access.
Sektor pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Adanya peraturan pemerintah yang membatasi kegiatan di luar rumah yang berdampak pada kegiatan pendidikan dengan menghilangkan kuliah tatap muka diganti dengan kuliah online atau belajar dari rumah. Penelitian ini memberikan kontribusi langsung kepada Organisasi Muhammadiyah khususnya mengenai implementasi kebijakan tata kelola pelayanan di Universitas Muhammadiyah Sorong. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil kajian, ditemukan bahwa pelayanan yang diberikan, baik pelayanan administrasi maupun akademik, sejak ditetapkannya masa pandemi Covid-19 dilakukan secara online. Selanjutnya, penggunaan sarana dan prasarana teknologi untuk implementasi sudah dimaksimalkan. Selain itu, diperoleh informasi bahwa terdapat dua faktor penghambat kebijakan tata kelola pelayanan selama pandemi Covid-19 di Universitas Muhammadiyah Sorong, yaitu kurangnya infrastruktur teknologi dan terbatasnya akses jaringan internet.
Downloads
References
Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407
Akib, H. (2012). Implementasi Kebijakan: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.26858/jiap.v1i1.289
Iskandar, J. (2012). Kapita Selekta Teori Administrasi Negara. Bandung: Puspaga.
Kurbani, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah pada Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4). http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2701
Lasambouw, C. M. (2013). Analisis Kebijakan Tentang Otonomi Perguruan Tinggi Dalam Bentuk Badan Hukum Pendidikan. SIGMA-Mu (JURNAL PENELITIAN & GAGASAN SAINS DAN MATEMATIKA TERAPAN), 5(2), 37–54. https://doi.org/10.35313/sigmamu.v5i2.855
Mahmudi, M. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.
Murdianto, D., & Santoso, D. (2021). Sosialisasi Persiapan Pembelajaran di Masa New Normal bagi Guru SMK di Kota Tarakan. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 53–62. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.624
Purnama, M. N. A. (2020). BLENDED LEARNING SEBAGAI SARANA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING DI ERA NEW NORMAL. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(02), 106–121. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i02.535
Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep umum pelaksanaan kebijakan publik. Jurnal Publik, 11(1), 1–12. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPB/article/view/1
Rianto, R. (2017). PENGEMBANGAN LAYANAN WEB SERVICE DATA AKADEMIK PADA UNIVERSITAS ATMA JAYA MAKASSAR. Tematika, 5(2). https://doi.org/10.35129/tmt.v5i2.76
Sholihah, R. A. (2020). Praktik Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Masa Pandemi Covid-19. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 705–717. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.977
Sinambela, L. P. (2019). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sutariah, F. (2017). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga Pendidikan Tinggi ABC di Cikarang. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1372
Syamsir, A., Nur, M. I., Wahidah, I., & Alia, S. (2020). Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembelajaran Berbasis Daring di Tengah Pandemi Coronavirus Disease 2019. Publication. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30678
Copyright (c) 2021 isgar muhammad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who submit manuscript retain its copyright and grant publisher right of first publication licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to access (search, read, download, and cite), share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon any material) the work for any lawful purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama.