Kebijakan Tata Kelola Layanan di Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Muhammadiyah Sorong

  • Isgar Muhammad Ricky Tumoka Universitas Muhammadiyah Sorong
Keywords: covid-19, kebijakan, pendidikan tinggi, tata kelola layanan

Abstract

The education sector is one of the sectors affected by the Covid-19 pandemic. There is a  government regulation that limits activities outside the home that impacting to education activities by eliminating face-to-face lectures replaced with online lectures or learning from home. This research contributed directly to the Muhammadiyah Organization, especially regarding the implementation of service governance policies in the University of Muhammadiyah Sorong. The method in this research is descriptive qualitative. Based on the results of the study, it was found that the services provided, both administrative and academic services, since the stipulation of the Covid-19 pandemic period were carried out online. Furthermore, the use of technological facilities and infrastructure to implement has been maximized. In addition, information was obtained that there were two inhibiting factors in service governance policies during the Covid-19 pandemic at the University of Muhammadiyah Sorong, namely the lacking of technological infrastructure and limited internet network access.

Sektor pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Adanya peraturan pemerintah yang membatasi kegiatan di luar rumah yang berdampak pada kegiatan pendidikan dengan menghilangkan kuliah tatap muka diganti dengan kuliah online atau belajar dari rumah. Penelitian ini memberikan kontribusi langsung kepada Organisasi Muhammadiyah khususnya mengenai implementasi kebijakan tata kelola pelayanan di Universitas Muhammadiyah Sorong. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil kajian, ditemukan bahwa pelayanan yang diberikan, baik pelayanan administrasi maupun akademik, sejak ditetapkannya masa pandemi Covid-19 dilakukan secara online. Selanjutnya, penggunaan sarana dan prasarana teknologi untuk implementasi sudah dimaksimalkan. Selain itu, diperoleh informasi bahwa terdapat dua faktor penghambat kebijakan tata kelola pelayanan selama pandemi Covid-19 di Universitas Muhammadiyah Sorong, yaitu kurangnya infrastruktur teknologi dan terbatasnya akses jaringan internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407

Akib, H. (2012). Implementasi Kebijakan: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.26858/jiap.v1i1.289

Iskandar, J. (2012). Kapita Selekta Teori Administrasi Negara. Bandung: Puspaga.

Kurbani, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah pada Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4). http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2701

Lasambouw, C. M. (2013). Analisis Kebijakan Tentang Otonomi Perguruan Tinggi Dalam Bentuk Badan Hukum Pendidikan. SIGMA-Mu (JURNAL PENELITIAN & GAGASAN SAINS DAN MATEMATIKA TERAPAN), 5(2), 37–54. https://doi.org/10.35313/sigmamu.v5i2.855

Mahmudi, M. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.

Murdianto, D., & Santoso, D. (2021). Sosialisasi Persiapan Pembelajaran di Masa New Normal bagi Guru SMK di Kota Tarakan. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 53–62. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.624

Purnama, M. N. A. (2020). BLENDED LEARNING SEBAGAI SARANA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING DI ERA NEW NORMAL. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(02), 106–121. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i02.535

Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep umum pelaksanaan kebijakan publik. Jurnal Publik, 11(1), 1–12. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPB/article/view/1

Rianto, R. (2017). PENGEMBANGAN LAYANAN WEB SERVICE DATA AKADEMIK PADA UNIVERSITAS ATMA JAYA MAKASSAR. Tematika, 5(2). https://doi.org/10.35129/tmt.v5i2.76

Sholihah, R. A. (2020). Praktik Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Masa Pandemi Covid-19. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 705–717. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.977

Sinambela, L. P. (2019). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sutariah, F. (2017). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga Pendidikan Tinggi ABC di Cikarang. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1372

Syamsir, A., Nur, M. I., Wahidah, I., & Alia, S. (2020). Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembelajaran Berbasis Daring di Tengah Pandemi Coronavirus Disease 2019. Publication. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30678

Published
2021-05-31
How to Cite
Tumoka, I. (2021). Kebijakan Tata Kelola Layanan di Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Muhammadiyah Sorong. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 1-10. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.688
Abstract views: 1310 , PDF downloads: 947