Konsep Pendidikan Rasulullah dan Refleksi Kompetensi Holistik Sahabat

  • Zulherma Zulherma Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Tafiati Tafiati
  • Sumiarti Sumiarti
  • Novizal Wendry
Keywords: rasulullah; kompetensi; holistik; sahabat

Abstract

Penelitian ini dilakukan berlatar belakang mendalami studi tentang peran Rasulullah sebagai seorang edukator atau pendidik. Penelitian memiliki tujuan untuk menemukan bagaimana Rasulullah berperan sebagai pendidik yang dianalisis dari prestasi-prestasi dalam kehidupan para sahabat yang menjadi murid Rasulullah dan telah didik secara holistik, dengan mengajarkan pendidikan dengan strategi, metode dan kurikulum yang bersumber dari Allah, sehingga kompetensi daya pikir (head), kecekatan (hand) dan hati (heart) menjadi maksimal dan secara holistik menjadi kemampuan bagi murid-muridnya. Metode penelitian ini adalah studi pustaka, peneliti melakukan studi terhadap sejumlah referensi terkait buku-buku, jurnal-jurnal, maupun bacaan yang berbasis dengan studi ini, terutama menganalisis berbagai referensi-referensi terkait Rasulullah sebagai pendidik dan berbagai prestasi para sahabat, yang namanya tercantum dalam salah satu hadis. Hasil studi ini menyimpulkan bahwa adanya kompetensi holistik dalam praktik kehidupan para sahabat dan Rasulullah merupakan seorang guru yang telah mendidik muridnya dengan kemampuan menyeluruh yang terefleksi dalam berbagai prestasi sahabat dalam mereka menjalani kehidupannya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Airul, Muhammad Haq. (2010). Muhammad SAW Sebagai Guru. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Al-Zamakhsyari. (1977). Al Kasysyaf “an Haqaiq al-Tanzil wa Uyun al-Aqawil fi Wujuh al - Takwil. Kairo: Matba’ah Isa al-Babi al-Halibi.
Anas, Nazifah . (2017). Rasulullah Sebagai Pendidik Profesional. https://journal.staiyastispadang.ac.id/Vol. 1 No. 2 .
Arief, Armai. (2005). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembanga Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Penerbit Angkasa.
E.Mulyasa. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Karakteristik dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Esposito, John l. (2004). Ensiklopedi Oxford Dunia Islam Modern, Jilid 5. Jakarta: Mizan.
Fattah, Abdul Abu Ghuddah. (2019). Rasulullah Sang Guru. Terjemahan Ar Rasulul Mu’allamu wa Asalibuhu fi at-Ta’lim. Solo: Pustaka Arafah.
Hitti, Philip K. (2010). History of the Arabs: from the Earliest Times to the Present. terj. R. Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
H.Hart, Michael. (1989). Seratus Tokoh Yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah. Jakarta : PT Midas Surya Grafindo.
Ibnu, Imam Majah. Bab Fadlu al-‘Ulama wa al-haththu ‘ala Talab al-‘Ilm; Tab’ah Hindia; Al-Darimi
James W. Drisko (2015). Holistic Competence and Its Assessment. Smith College
Studies in Social Work, 85:2, 110-127, DOI: 10.1080/00377317.2015.1017396
Lamartine, Alphonse De. (1854). Histoire De La Turquie. Vol. II, Paris.
Majid, Abdul & Andayani, Andayani. (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. (Bandung : Remaja Rosdakarya
Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
Nizar, Samsul. (2008). Sejarah Pendidikan Islam Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Keneana Prenada Media Group.
Nurdin, Muhammad. (2008). Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Ar Ruzz Media
Ramayulis (2004). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Syafi’i, Muhammad, Antonio. (2018). Muhammad Super Leader, Super Manager. Jakarta: Mutiara Qolbun Salim.
Tim Prima Pena (2006). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya : Gita Media Press.
Suhartini, Andewi. (2009). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Direktoral Jenderal Pendidikan Islam Departeman Agama Republik Indonesia.
Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor
Published
2021-09-14
How to Cite
Zulherma, Z., Tafiati, T., Sumiarti, S., & Wendry, N. (2021). Konsep Pendidikan Rasulullah dan Refleksi Kompetensi Holistik Sahabat. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 411-428. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.909
Abstract views: 54 , PDF downloads: 67