Kemampuan Membaca Data dan Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Kemampuan Literasi Statistik

  • Nurokhmi Wahyu Setiani Universitas Negeri Semarang
  • Amin Suyitno Universitas Negeri Semarang
Keywords: literasi statistik, curiosity, membaca data

Abstract

Kemampuan literasi statistik merupakan kemampuan yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi pendidikan di abad-21. Faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan literasi statistik antara lain rasa ingin tahu dan kemampuan siswa dalam membaca data. Namun begitu, kemampuan literasi statistik dalam pembelajaran di sekolah masih rendah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi statistik siswa berdasarkan kemampuan membaca data serta rasa ingin tahu. Dimana membaca data merupakan kemampuan dasar dalam literasi dan rasa ingin tahu merupakan salahsatu faktor penting yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Komputama Jeruklegi dengan dipilih empat siswa sebagai subjek penelitian. Pengambilan subjek tersebut berdasarkan hasil angket curiosity siswa dan tes literasi statistik. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari masing-masing kategori rasa ingin tahu akan memunculkan indikator kemampuan literasi statistik yang berbeda-beda. Siswa kategori curiosity sangat tinggi dapat memunculkan semua indikator literasi statistik. Siswa kategori curiosity tinggi dan sedang dapat memunculkan indikator literasi statistik antara lain memahami data, menghitung data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan dari data. Terakhir, siswa kategori curiosity rendah masih membutuhkan bantuan hampir diseluruh indikator kemampuan literasi statistik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, F. (2020). Literasi Statistik Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. JEMS (Jurnal Edukasi dan Matematika Sains), 8(1), 2020,1-6.
Belecine, R. & Jose M. Ocampo, JR. 2016. “Mathematical Curiosity, Epistemological Beliefs, and Mathematics Performance of Freshman Preservice Teachers”. Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 1(1).
Budgett, S., & Rose, D. (2017). Developing Statistical Literacy in the Final School Year. Statistics Education Research Journal, 16(1).
CNN Indonesia. 2021. Sensus Kendaraan di Indonesia: Lebih dari 133 Juta Unit. Tersedia di: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210203115349-384-601700/sensus-kendaraan-di-indonesia-lebih-dari-133-juta-unit [diakses 2-5-2021]
Delmas, R. (2002). Statistical Literacy, Reasoning, and Learning: A Commentary. Journal of Statistics Education Volume 10, Number 3.
Gal, I. (2002). Statistical Literacy: Conceptual and Instructional Issues. Framing the Problem.
Hafiyusholeh, M. (2015). Literasi statistik dan urgensinya bagi siswa. Wahana: Tridharma Perguruan Tinggi, 64(1), 1-8.
Hafiyusholeh, M., Budayasa, I. K., & Siswono, T. Y. E. (2017, July). Literasi statistik: Siswa SMA dalam membaca, menafsirkan, dan menyimpulkan Data. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 1, No. 1, pp. 79-85).
Kemendikbud. (2018). Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. Tersedia di: https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/03/3.-SPOT_Mendidik-Anak-di-Era-Digital-REV.pdf [diakses 2-5-2021]
Kusmanto, H. (2017). ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK SISWA SMA SEDERAJAT BERDASARKAN MUTU SEKOLAH. Procediamath, 1(1).
Litman, J.A & Charles D. Spielberger (2010): Measuring Epistemic Curiosity and Its Diversive and Specific Components, Journal of Personality Assessment, 80:1, 75-86.
Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis kemampuan literasi statistis siswa Madrasah Tsanawiyah dalam materi statistika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 205-212.
Published
2021-07-28
How to Cite
Setiani, N., & Suyitno, A. (2021). Kemampuan Membaca Data dan Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Kemampuan Literasi Statistik. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 257-270. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.915
Abstract views: 109 , PDF downloads: 120