Kemampuan Membaca Data dan Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Kemampuan Literasi Statistik
Abstract
Kemampuan literasi statistik merupakan kemampuan yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi pendidikan di abad-21. Faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan literasi statistik antara lain rasa ingin tahu dan kemampuan siswa dalam membaca data. Namun begitu, kemampuan literasi statistik dalam pembelajaran di sekolah masih rendah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi statistik siswa berdasarkan kemampuan membaca data serta rasa ingin tahu. Dimana membaca data merupakan kemampuan dasar dalam literasi dan rasa ingin tahu merupakan salahsatu faktor penting yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Komputama Jeruklegi dengan dipilih empat siswa sebagai subjek penelitian. Pengambilan subjek tersebut berdasarkan hasil angket curiosity siswa dan tes literasi statistik. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari masing-masing kategori rasa ingin tahu akan memunculkan indikator kemampuan literasi statistik yang berbeda-beda. Siswa kategori curiosity sangat tinggi dapat memunculkan semua indikator literasi statistik. Siswa kategori curiosity tinggi dan sedang dapat memunculkan indikator literasi statistik antara lain memahami data, menghitung data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan dari data. Terakhir, siswa kategori curiosity rendah masih membutuhkan bantuan hampir diseluruh indikator kemampuan literasi statistik.
Downloads
References
Belecine, R. & Jose M. Ocampo, JR. 2016. “Mathematical Curiosity, Epistemological Beliefs, and Mathematics Performance of Freshman Preservice Teachers”. Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 1(1).
Budgett, S., & Rose, D. (2017). Developing Statistical Literacy in the Final School Year. Statistics Education Research Journal, 16(1).
CNN Indonesia. 2021. Sensus Kendaraan di Indonesia: Lebih dari 133 Juta Unit. Tersedia di: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210203115349-384-601700/sensus-kendaraan-di-indonesia-lebih-dari-133-juta-unit [diakses 2-5-2021]
Delmas, R. (2002). Statistical Literacy, Reasoning, and Learning: A Commentary. Journal of Statistics Education Volume 10, Number 3.
Gal, I. (2002). Statistical Literacy: Conceptual and Instructional Issues. Framing the Problem.
Hafiyusholeh, M. (2015). Literasi statistik dan urgensinya bagi siswa. Wahana: Tridharma Perguruan Tinggi, 64(1), 1-8.
Hafiyusholeh, M., Budayasa, I. K., & Siswono, T. Y. E. (2017, July). Literasi statistik: Siswa SMA dalam membaca, menafsirkan, dan menyimpulkan Data. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 1, No. 1, pp. 79-85).
Kemendikbud. (2018). Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. Tersedia di: https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/03/3.-SPOT_Mendidik-Anak-di-Era-Digital-REV.pdf [diakses 2-5-2021]
Kusmanto, H. (2017). ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK SISWA SMA SEDERAJAT BERDASARKAN MUTU SEKOLAH. Procediamath, 1(1).
Litman, J.A & Charles D. Spielberger (2010): Measuring Epistemic Curiosity and Its Diversive and Specific Components, Journal of Personality Assessment, 80:1, 75-86.
Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis kemampuan literasi statistis siswa Madrasah Tsanawiyah dalam materi statistika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 205-212.
Copyright (c) 2021 Nurokhmi Wahyu Setiani, Amin Suyitno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who submit manuscript retain its copyright and grant publisher right of first publication licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to access (search, read, download, and cite), share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon any material) the work for any lawful purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama.