Sosialisasi Persiapan Pembelajaran di Masa New Normal bagi Guru SMK di Kota Tarakan

Socialization of Learning Preparation in the New Normal Period for Vocational School Teachers in Tarakan City

  • Deny Murdianto Universitas Borneo Tarakan
  • Dwi Santoso Universitas Borneo Tarakan
Keywords: Covid-19, new normal, protokol kesehatan, warga sekolah

Abstract

The global pandemic Covid-19 impacts are so wide that almost no country or region in the world is absent. The increase in the number of cases occurred in a short time so that it needed to be handled as soon as possible. One of the impacts of this pandemic includes paralyzing economic activities and hampering educational activities. SMK Terpadu Citra Bangsa, Tarakan City of North Kalimantan Province, has implemented health protocols well by providing a place to wash hands and make hand sanitizers independently, however, there are still shortcomings in its implementation. These deficiencies include low awareness of using these facilities. Therefore, it is necessary to have a comprehensive understanding of health protocols by every school members. This community service activity is done to facilitate the school members facing a new normal era. Divided into several stages, namely location survey, socialization of activities, technical guidance, implementation of activities, and evaluation, the activities are going well and 87% of the participants understand the given explanation. Hence, we can conclude that this activity is able to foster the awareness and responsibility of the school personnel in implementing health protocols and maintaining cleanliness and health in the current new normal.

Pandemi global Covid-19 berdampak sangat luas sehingga hampir tidak ada negara atau wilayah di dunia yang absen. Peningkatan jumlah kasus terjadi dalam waktu singkat sehingga perlu ditangani secepatnya. Salah satu dampak pandemi ini antara lain melumpuhkan kegiatan ekonomi dan terhambatnya kegiatan pendidikan. SMK Terpadu Citra Bangsa Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara telah menerapkan tata tertib kesehatan dengan baik dengan menyediakan tempat cuci tangan dan membuat hand sanitizer secara mandiri, namun masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya. Kekurangan tersebut termasuk rendahnya kesadaran dalam menggunakan fasilitas tersebut. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman yang komprehensif tentang protokol kesehatan oleh setiap warga sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memfasilitasi warga sekolah menghadapi era normal baru. Terbagi dalam beberapa tahapan yaitu survey lokasi, sosialisasi kegiatan, bimbingan teknis, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi, kegiatan berjalan dengan baik dan 87% peserta memahami penjelasan yang diberikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mampu menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab aparatur sekolah dalam melaksanakan tata tertib kesehatan dan menjaga kebersihan dan kesehatan dalam kondisi normal yang baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107-115. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407

Afiyah, S., Poernomo, B., Arifin, S., Aprilianto, T., & Jatmika, S. (2020). Seminar dan Workshop Pembelajaran Jarak Jauh di Islamic Boarding School Al Hamra Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 24-32. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i1.228

Bahri, S., & Arafah, N. (2020). Analisis Manajemen SDM Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal. Tafkir: Interdisciplinary Journal Of Islamic Education, 1(1), 20–40. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.2

Boy, F. (2020). TANTANGAN SCHOOL FROM HOME (SFH) DI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (NEW NORMAL) UNTUK SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(2), 144–149. https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.12288

Dale, R. (2001). Evaluation Framework for Development Program and Project. Sage Publication.

Firmansyah, Y., & Kardina, F. (2020). Pengaruh New Normal Di Tengah Pandemi Covid-19. Buana Ilmu, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107

Hunowu, M. A. (2016). Konsep Full Day School Dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan. Irfani: Journal Of Islamic Education, 12(1), 115–135. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/462

Jamaluddin, I. I., & Phradiansah. (2020). Media Siber Merespons Solidaritas Publik Terdampak Covid-19 Di Palu Sulawesi Tengah. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROBLEMATIKA SOSIAL PANDEMI COVID-19 “Membangun Optimisme Di Tengah Pandemi Covid-19,” 37–51.

Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Kemendikbud.

Kemenkes. (2020). Tentang Novel Coronavirus (NCOV). Https://Www.Kemkes.Go.Id/Folder/View/Full-Content/Structure-Faq.Html.

Marbun, P. (2000). Optimalisasi Fungsi Rumah Sebagai Tempat Pembinaan Warga Gereja Di Masa Pandemi Covid-19. Diegesis: Jurnal Teologi Kharismatika, 3(1), 26–43. Retrieved from https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/diegesis/article/view/64

Mushlih, M., Segara, B., Zakaria, R., Hadie, D. A., & Aliviameita, A. (2020). Pendampingan Sekolah Dasar Negeri 4 Kupang, Jabon Dalam Menghadapi Kenormalan Baru. Humanism, 1(2), 109–114. http://dx.doi.org/10.30651/hm.v1i2.5565

Sanjaya, F. R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring Di Masa Darurat. In F. R. Sanjaya (Ed.), SCU Knowledge Media. Universitas Katolik Soegijapranata.

Santoso, D. (2020). POTRET KEHIDUPAN MASYARAKAT SELAMA MASA KARANTINA PANDEMI COVID-19. Antologi Dari Bumi Paguntaka: Covid-19: Dampak Dan Solusi, 28.

Santoso, D. H., & Santosa, A. (2020). Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif. Mbridge Press.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 59-70. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290

Published
2021-01-21
How to Cite
Murdianto, D., & Santoso, D. (2021). Sosialisasi Persiapan Pembelajaran di Masa New Normal bagi Guru SMK di Kota Tarakan. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 53-62. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.624
Abstract views: 147 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 132