Nganjuk.Hitz: Sistem Informasi Pariwisata Berbasis 360-degree Tourism Web Guna Mengembangkan Destinasi Wisata di Kabupaten Nganjuk

Nganjuk.Hitz: A Tourism Information System Based on a 360-degree Tourism Web to Develop Tourism Destinations in Nganjuk Regency

  • Dian Ahmad Sasmito Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
  • Wahyu Pratama Putra Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang
  • Laililia Binti Mohamad Sofyan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga
Keywords: 360o Tourism Web, Kabupaten Nganjuk, Nganjuk.Hitz, pariwisata

Abstract

Sustainable development era has provided the government to increase foreign exchange earnings from non-oil and gas. Nganjuk Regency is one of the regions in East Java that has a number of tourism potential. However, lack of efforts from local governments and tourism managers in the delivery of tourist information, make tourists less aware of the beauty and uniqueness of tourism in Nganjuk Regency. Purpose of this study are designing Nganjuk.Hitz, a 360o Tourism Web and Explain the results of its implementation. Employing Research and Development (R&D) method that uses the ADDIE model, data collection uses observation, documentation, and questionnaires using purposive sampling method and uses descriptive data analysis. Results of the study, after testing through web browsers, the tourism information system based on Nganjuk.Hitz 360o Tourism Web is successfully stated. Usability test results state that respondents feel this tourism information system is interesting, easy to understand, complying the needs, easy and convenient to use, and in turn, are interested to visit the tourism destination.

Era pembangunan berkelanjutan telah memacu pemerintah untuk meningkatkan penerimaan devisa dari sektor nonmigas. Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki sejumlah potensi wisata. Namun kurangnya upaya dari pemerintah daerah dan pengelola pariwisata dalam penyampaian informasi wisata, membuat wisatawan kurang menyadari keindahan dan keunikan pariwisata yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang Nganjuk.Hitz 360o Tourism Web dan menjelaskan hasil pelaksanaannya. Menerapkan metode Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE, pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner menggunakan metode purposive sampling serta menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian, setelah dilakukan pengujian melalui web browser berhasil dinyatakan sistem informasi pariwisata berbasis Nganjuk.Hitz 360o Tourism Web ini. Sedangkan hasil uji usability menyatakan bahwa responden merasa sistem informasi pariwisata ini menarik, mudah dipahami, memenuhi kebutuhan, mudah dan nyaman digunakan, dan pada akhirnya tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (1998). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik (2016). Potret Awal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Jakarta: BPS RI.

Badan Pusat Statistik (2019). Kabupaten Nganjuk Dalam Angka 2019. Nganjuk: BPS RI Kabupaten Nganjuk.

Berger, P. E., Matsuura, J. P., Barrios, A., Hopkins, P., Wagner, M. T., & Weston, M. (2013). Analyzing the benefits of utilizing 360° panoramic photo survey technology on a shell offshore platform. In SPE Middle East Intelligent Energy Conference and Exhibition. OnePetro. https://doi.org/10.2118/167382-MS

Desiati, R. (2013). Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan program desa wisata. Diklus, 17(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/2894

Hariyanto, A. (2015). Perancangan Sistem Informasi Pariwisata Indonesia Berbasis Web Services. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 1). Retrieved from http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/826

Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169-178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Istianah, D., & Nihayatuzzain, N. (2020). Intervensi Komunitas Spedagi dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Lokal di Pasar Papringan Temanggung. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 159-171. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.411

Kelling, C., Väätäjä, H., & Kauhanen, O. (2017). Impact of device, context of use, and content on viewing experience of 360-degree tourism video. In Proceedings of the 16th International Conference on Mobile and Ubiquitous Multimedia (MUM '17). Association for Computing Machinery, New York, NY, USA, 211–222. DOI: https://doi.org/10.1145/3152832.3152872

Kementerian Pariwisata (2018). Rencana Strategis 2018-2019. Jakarta: Kementerian Pariwisata RI

Koentjaraningrat (1983). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (2016). Laporan Akhir: Kajian Dampak Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurmayasari, D. (2017). Strategi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Pengembangan Pariwisata Di Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Publika, 5(1). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/18711

Nurmi, N. (2017). Membangun Website Sistem Informasi Dinas Pariwisata. Edik Informatika, 1(2), 1-6. https://doi.org/10.22202/ei.2015.v1i2.1418

Osman, A., Wahab, N., & Ismail, M. (2009). Development and Evaluation of an Interactive 360 Virtual Tour for Tourist Destinations. Journal of Information Technology Impact, 9 (3), 173-172. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/268730854_Development_and_Evaluation_of_an_Interactive_360_Virtual_Tour_for_Tourist_Destinations

Prasetya, A. B. (2018). Pengembangan Komunikasi Publik dan pariwisata berbasis internet pada website dinas pariwisata pemerintah kota malang. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 135-142. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.645

Pusat Kajian Anggaran Badan Keahlian DPR (2016). Buletin APBN. Jakarta. DPR RI.

Sugiyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Susana, I., Alvi, N. N., & Persada, C. (2017). Perwujudan Pariwisata Berkelanjutan melalui Pemberdayaan Masyarakat Lokal di Pulau Pahawang, Pesawaran, Provinsi Lampung. TATALOKA, 19(2), 117-128. https://doi.org/10.14710/tataloka.19.2.117-128

Published
2021-04-03
How to Cite
Sasmito, D., Putra, W., & Sofyan, L. (2021). Nganjuk.Hitz: Sistem Informasi Pariwisata Berbasis 360-degree Tourism Web Guna Mengembangkan Destinasi Wisata di Kabupaten Nganjuk. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(2), 75-87. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i2.676
Abstract views: 1252 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 994