Pengembangan Media Board Game Ular Tangga Pada Materi Metamorfosis Kupu-Kupu Tema 3 Subtema 2 Kelas IV SDN 169 Pekanbaru

  • Uswatun Hidayah Universitas Islam Riau
  • Siti Quratul Ain Universitas Islam Riau
Keywords: Pengembangan, Media, Board game, metamorfosis

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen belajar yang sangat diperlukan saat melaksanakan pembelajaran, demi menunjang suatu tujuan pemebelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran seharusnya menjadi bagian yang sangat diperhatikan oleh seorang pendidik sebagai fasilitator kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian Mengembangkan media pembelajaran board game ular tangga pada materi metamorphosis kupu-kupu tema 3 subtema 2 di kelas IV yang valid. Model pembelajaran yang digunakan peneliti yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development Implementasi, dan Evaluation). Penelitian yang dilakukan peneliti yang membatasi tahap model ADDIE sampai tahap ke-3 yaitu development karena sekarang masih masa pandemic covid-19. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah dokumentasi dan lembar validasi dari ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil validasi oleh media memperoleh nilai sebesar 97,5% dengan kategori sangat valid sedangkan validasi oleh ahli materi memperoleh nilai sebesar 95,29% dengan kategori sangat valid. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran board game valid untuk digunakan pada pembelajaran materi metamorfosis kupu-kupu tema 3 subtema 2 kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran, Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Alfasyi, Muhammad Chusnul. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Vodeo Terhadap hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negri Ngoto Bantul Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Yogyakarta.
Atiaturrahmaniah, dkk. 2017. Pengembangan Matematika SD. Universitas Hamzawandi Press: Selong.
Giyanti. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Peserta Didik TunaRungu SMP-LB Pada Materi Gerak dan Gaya. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Imaliyah, Dewi Ayu. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Mata Pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 15 Lamongan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol. 4, No. 2.
Isnaeni, Neni dan Hidayah, dewi.2020. Media Pembelajaran dalam Pembentukan Interaktif Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, Vol 1, No 5.
Jalius, Nizwar dan Ambiyar. 2016. Media Sumber Pembelajaran. Kencana Jakarta
Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran, Refika Aditama: Bandung
Karimah, Rifqi Fatihatul,dkk 201. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika.Vol.2.No.1
Musa’adah, Nurul. 2017. Pengembangan Media Ular Tangga Pembelajaran Ipa Materi Perubahan Lingkungan Kelas IV SDN Demaan Rembang.Skrpsi.Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Mustika, D., Dafit, F., & Sinthya, V. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pembuatan Alat Peraga IPA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3(1), 31-48. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518
Purnama, Sigit. 2013. Metode Penelitian dan Pengembangan (Pengenalan untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab) Literasi Vol. IV, No. 1
Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Komunikasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesional Guru. PT Raja Grafindo: Jakarta
Saefudin, Asis. 2014. Pembelajaran Efektif, Remaja Rosdakarya : Bandung
Safitri, hanif, 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Marketing Kompetensi Dasar Menganalisis Segmentasi Pasar di Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 lamongan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 07, No 02.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitain Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet : Bandung.`
Tafonao, Talizaro, 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol.2. No.2
Simanjuntak, Mikhanael Mual Parsaulian, dkk. 2019. Pengembangan Board Game Edukasi Dengan Teknologi Argumented Reality (Studi Kasus Permainan Ular tangga). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol.3.No.3
Sukardjo dan Ukim Komarudin. 2015. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Suryani, Nunuk,dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Setiawati, Eka, dkk 2019. Permainan Ular Tangga Dalam Mengaitkan Kemampuan Moral anak. Jurnal Petik. Vol.5.No.1
UU Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1 tentang Sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta
Published
2021-10-06
How to Cite
Hidayah, U., & Ain, S. (2021). Pengembangan Media Board Game Ular Tangga Pada Materi Metamorfosis Kupu-Kupu Tema 3 Subtema 2 Kelas IV SDN 169 Pekanbaru. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 557-576. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1020
Abstract views: 83 , PDF downloads: 46