The Role of Supervisor in Improving Performance Islamic Religious Education Teacher in Madrasah

  • M. Ali Sibram Malisi Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
Keywords: supervisor, islamic religious education, madrasah

Abstract

Pengawas madrasah memiliki peran yang sangat signifikan  dan strategis dalam proses dan hasil Pendidikan yang bermutu di madrasah, dalam konteks ini peran pengawas sekolah meliputi pemantauan, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut pengawas yang harus dilakukan secara teratur dan berkesinambungan. Peran tersebut berkaitan dengan tugas pokok pengawas dalam melakukan supervisi manajerial dan supervisi  akademik, pembinaan, pemantauan dan penilaian. Dalam kenyataan di lapangan, masih terdapat guru yang belum memenuhi administrasi perangkat pembelajaran, guru tidak melaksanakan pembelajaran secara profesional dan sesuai kompetensi yang sesuai standar Pendidikan nasional. Penelitian tentang supervisi pengawas untuk meningkatkan kinerja guru di madrasah masih sangat jarang. Dalam studi ini, saya bertujuan untuk mengeksplorasi supervisi akademik pengawas madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Hal ini penting karena bagian awal pemantauan merupakan bagian integral dari peningkatan kualitas sekolah. Saya menggunakan filosofi fenomenologi untuk memahami fenomena ini. Pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan menggunakan wawancara individu semi terstruktur terhadap satu orang Pengawas yang aktif melakukan supervisi di MAN. saya menggunakan analisis kualitatif untuk memahami pengalaman subjektif, yang kemudian membentuk wawasan tentang supervisi yang berdampak positif pada kinerja guru di MAN. Dari penelitian tersebut, kami menemukan bahwa Ada 3 tema utama kepengawasan  yang memberikan dampak positif selama proses berlangsung membangun kinerja, yaitu (1) peran dalam perencanaan  (3) Strategi: cara menanamkan nilai melalui menumbuhkan budaya dalam keluarga. Singkatnya, penelitian kami menunjukkan bahwa perkembangan remaja Indonesia identitas dalam budaya Jawa dipengaruhi oleh nilai-nilai yang ditanamkan oleh orang tua mereka, yang mereka dapatkan sejak itu masa kanak-kanak, dan perkembangan mereka terus dikendalikan secara konsisten oleh orang tua mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diana Elviya, Desi Nurhikmahyanti, Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 4, April 2014, hlm. 49-60.
Fahmi, C. N. F. C. N., Nurliza, E. N. E., AR, M. A. M., & Usman, N. U. N. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2), 104-119.
Khakiim, U., Degeng, I. N. S., & Widiati, U. (2016). Pelaksanaan membuka dan menutup pelajaran oleh guru kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1730-1734.
Lunenburg, F.C. (2010). The Principal and the school: What Do Principals Do?. National Forum of Educational Administration and Supervision Journal 27(4).
Makin, M., Abdullah, Z., & Shafee, S. (2018). The art of supervision: Role of supervisory skills in developing teacher capacity. MOJEM: Malaysian Online Journal of Educational Management, 6(4), 37-55.
Noor, I. H., & Sofyaningrum, E. (2020). The academic supervision of the school principal: a case in indonesia. Journal of Educational and Social Research, 10(4), 81-81.
Pratiwi, E. K. (2020). Peningkatan kemampuan dalam pengelolaan administrasi guru kelas tk melalui supervisi manajeral di sekolah binaan kecamatan sumberasih kabupaten probolinggo. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 20-24.
Redfern, G. B. (2019). Evaluating teachers and administrators: A performance objectives approach. Routledge.
Santos, J. M., & Castro, R. D. (2021). Technological Pedagogical content knowledge (TPACK) in action: Application of learning in the classroom by pre-service teachers (PST). Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100110.
Syaiful Sagala (2010). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung, Alfabeta.
Zakso, A., & Radiana, U. (2013). Pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru SMP Negeri 1 Bengkayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(3).
Published
2023-04-13
How to Cite
Malisi, M. (2023). The Role of Supervisor in Improving Performance Islamic Religious Education Teacher in Madrasah. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(1), 285-294. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2456
Abstract views: 366 , PDF downloads: 270