Pelaksanaan Model Discovery Learning Jerome Bruner pada Pembelajaran PAI di SMPN 3 Depok Sleman Yogyakarta

  • Winarti Winarti Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suyadi Suyadi Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Kognitif, Model Discovery Learning, Implementasi, Pendidikan Agama Islam

Abstract

There is a common problem in the learning process of Islamic Religious Education (PAI), which still uses merely light learning methods or strategies, such as using the simple lecture method uncombined with other participatory methods as discussion, memorization, and questioning. Therefore, it takes a gait to implement PAI learning strategies that can make students more active in understanding new concepts and experiences by applying Jerome Bruner's Discovery Learning learning method. This research uses qualitative approaches conducted by classroom observation and interviews by implementing the model in PAI learning at SMPN 3 Depok Sleman Yogyakarta. The research shows that Bruner's Discovery learning model had been carried out well through the following procedures: providing stimulation, identifying problems, gathering information and data, processing data, then proving and drawing conclusions; as well as supported by several supporting factors (the integrated curriculum, teachers' pedagogical mastery, and adequate infrastructures). Despite there are several obstacles, the learning strategy is promising.

Keywords: Cognitive, Discovery Learning Model, implementation, Islamic Religious Education.

Terdapat masalah umum dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang masih menggunakan metode atau strategi pembelajaran sederhana, seperti menggunakan metode ceramah tanpa dipadukan dengan metode partisipatif lain seperti diskusi, hafalan, dan tanya jawab. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya untuk menerapkan strategi pembelajaran PAI yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam memahami konsep dan pengalaman baru, salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran Discovery Learning dari Jerome Bruner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan observasi kelas dan wawancara dengan mengimplementasikan model Discovery Learning dalam pembelajaran PAI di SMPN 3 Depok Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tersebut telah dilaksanakan dengan baik melalui prosedur sebagai berikut: memberikan stimulasi, mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi dan data, mengolah data, kemudian membuktikan dan menarik kesimpulan; serta didukung oleh beberapa faktor pendukung (kurikulum yang terintegrasi, penguasaan pedagogik guru, dan sarana prasarana yang memadai). Meski ada beberapa kendala, namun strategi pembelajaran ini cukup menjanjikan.

Kata Kunci: Kognitif, Model Discovery Learning, Implementasi, Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amallia, N & Redhana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. UNDIKSHA, Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, Vol. 1(No. 1), 23.

Bambang, W. (2018). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya,. Jakarta: Rineka Cipta.

Buto, Z. A. (2018). Implikasi Pembelajaran Jerome Bruner dalam Nuansa Moderen. Almillah, Vol. 02 (No. 01), 30.

Dahar, R. W. (2006). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Dasopang, A. P. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 03(No. 02), 15.

Dwi, F. K. & Rahayu. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siwa Kelas 4 SD. Scholaria, Vol. 6(No. 2).

Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. JURNAL IKA, Vol.7(No. 2), 65-66.

Hosman, M. (2014). Strategi Pembelajaran di Kelas. Bandung: Raja Grafindo.

Jones, J. L., & Hilaire, R. (2012). Concept Learning in the Undergraduate Classroom: A Case Study in Religious Studies. International Journal of Instruction, Vol. 07(No. 02), 66.

Kosmiyah. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Majid, A. (2014). Belajar dan pembelajaran :Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutmainna, F. (2015). Komparasi Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Discovery Learning dan Assignment and Recitation. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 3(No. 1, ISSN 2355-5785), 2015.

Ningsih, A. B. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1(1), 24–25.

Perdana, R. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Dengan Model Tradisional Dalam Menigkatkan Kognitif Siswa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme Vol 1 No 01 (2019). DOI: https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i01.40

Priyayi, D. F., Sajidan, & Prayitno, B. A. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Accelerated Learning Included By Discovery (Alid) pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMA Negeri 7 Surakarta. JURNAL INKUIRI ISSN: 2252-7893, Vol. 3(No. II), 4-5.

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mtematis Melalui Disovery Learning Berbasis Sceintific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika, Vol. 06(No 02).

Rinjani, A. (2018). Analisis data kualitatif. Jurnal Alhadharah, Vol. 17(NO. 33).

Sibuea, S. K., Syaukani & Nasution (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah TPI Medan. Shomali Kurnia EDU-RILIGIA, Vol. 3(No. 3), 337–339.

Sutarto. (2016). Teori Kognitif dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media,.

Uno, H. B. (2006). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran,. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyaningrum, R. (2015). Tahapan J Bruner dalam Pembelajaran Matematika pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Sekolah Dasar (SD/MI). Cendekia, Vol. 9(No.01), 75.

Widyawati, A. (2014). Metode Mengajar sebagai strategi dalam mencapai tujuan belajar mengajar. , Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol.3(No. 1), 68.

Windi, W. M. B., Akbar, P., & Sugandi, A. I. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3(No. 1), 24.

Published
2020-10-19
How to Cite
Winarti, W., & Suyadi, S. (2020). Pelaksanaan Model Discovery Learning Jerome Bruner pada Pembelajaran PAI di SMPN 3 Depok Sleman Yogyakarta. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 153-162. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.503
Abstract views: 2659 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 2080