Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa

  • Aulia Firdaus Universitas Negeri Semarang
  • Mohammad Asikin Universitas Negeri Semarang
  • Budi Waluya Universitas Negeri Semarang
  • Zaenuri Zaenuri Universitas Negeri Semarang
Keywords: Keywords: Problem Based Learning, Mathematical Literacy, SLR

Abstract

Mathematical literacy is one of the most important skills to be developed for each student. Moreover, in the era of the 4.0 century, literacy skills are very important for students to be able to solve problems in real life. Therefore, it is necessary to conduct research in developing and improving students' mathematical literacy skills.This study aims to conduct a literature review related to the use of PBL in improving mathematical literacy skills. The research method chosen in this research is SLR (Systematic Literature Review. Data collection is done by documenting all articles that have similar research in this research report. The articles used in the study were 20 articles of accredited national journals from sinta 1 to sinta 4 obtained from google Based on this research, it was found that the PBL (Problem Based Learning) learning model can improve students' mathematical literacy skills. Based on the literature review conducted, the PBL learning model can be developed in learning mathematics at the SMP/MTS and SMA/MA levels.

Keywords: Problem Based Learning, Mathematical Literacy, SLR

 

Abstrak

Kemampuan literasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dikembangkan pada masing-masing siswa. Terlebih lagi pada era abad 4.0 bahwa kemampuan literasi menjadi sangat penting dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan persoalan dalam kehidupan nyata. Oleh sebab perlu dilakukan penelitian dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature terkait dengan penggunaan PBL dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan semua artikel yang  memiliki  penelitian  serupa  pada  laporan  penelitian  ini.     Artikel  yang digunakan pada penelitian sebanyak 20 artikel jurnal nasional terakkreditasi sinta 1 hinga sinta 4 yang diperoleh dari google schoolar. Berdasarkan penelitian ini di dapatkan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning)dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik. Berdasarkan kajian literatur yang  dilakukan  bahwa model  pembelajaran  PBL  dapat  dikembangkan dalam pembelajaran matematika di jenjang SMP/ MTS dan SMA/MA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggrieni N & Ratu I. I. P. 2018. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelompok Kecil dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan.

Anwar, Khoirul & Jurotun. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano: 10(1), 94-104.

Astusti, A. D. K. P. 2018. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. Journal of Mathematics Education. 4(2). 37-46.

Astuti, Puji. 2018. Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingka
Tinggi. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 263-168.

Aziz a., Shahibul A., & Lalu M.F. 2016. Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Mieningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Lesson Study. 2(1). 83-91.

Aziz, Abdul., Shaibul, A., & Lalu, M. F. (2016). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Lesson Study. Jurnal Elemen. 2(1). 83-91.

Delishe, R. (1997). How to use problem-based learning in calssroom. Alexanderia: ASCD.

Fitriono, Yuli., Rochmad & Wardono. 2015. Model PBL Dengan Pendekatan PMRI Berpenilaian Serupa PISA Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. UJMER: Unnes Journal of Mathematics Education Research. 4(1). 56-65.

Happy N. & Djamilah B.W. 2014. Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampua Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, Serta Self Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1(1). 49-59.

Hasanah, U., Wardono, W., & Kartono, K. (2016). Kefektifan Pembelajaran MURDER Berpendekatan PMRI dengan Asesmen Kinerja Pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Serupa PISA. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2).

Hidayat Rifqi, Jajang Rahmatudin, & Ade Sriwahyuni. (2019). Konstribusi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics. 1(2). 32-40. Wrahatnolo, T., & Munoto. (2018). 21st Centuries Skill Implication on Educational System. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering,
296(012036), 1-7.

Hutagaol, A.S.R. & Nurapni S. 2020. Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa
Dalam Model Problem Based Learning Melalui Daring. VOX Edukasi. 11(2).
86-96.

Indah et al. (2016). Peningkatan kemampuan Literasi Matematika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran Vol. 4 no 2 ISSN: 2581-172X.

Istiandaru Afit, Wardono, & Mulyono. (2014). PBL Pendekatan Realistik Saintifik dan Asesmen PISA Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. UJMER. 3(2). 64-71.

Litbang Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad
21. (Online). (http://litbang.kemendikbud.go.id/index.php.index-berita- kurikulum/234-kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21, diakses 13 April 2021.

M. Munir, M. Asikin, & I. Junaedi. 2019. Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X SMK. Seminar Nasional Pascasarjana. UNNES.

Madyaratri D.Y., et al. (2019) Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Probelm Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. PRISMA. 2. 648-658

Marlina, Mira et. al., (2020). Implementasi Problem Based Learning (PBL) untuk
Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru. 13 (2).
209-224.

Octaria D & Eka F. P. S. (2018). Peningkatan Self- Efficacy Mahasiswa Melalui Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Kuliah Program Linear. Jurnal Elemen. 4 (1). 66 – 79.

OECD, PISA. (2015). Draft mathematics framework, 2013

Ojose, B.(2011) Mathematics Literacy: Are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89 – 100.

Paloloang et al. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. Aksioma. 9(4). 851-864.

Pamungkas, M.D., & Yesi Franita. (2019). Keefektifan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. JP3M. 5(2). 75-
80.

Pratiwi D & Sendi Ramdhani. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK. Jurnal Gammath, 2(2). 1-13

Stacey, K., & Turner, R. (Eds). (2014). Assesing mathematical literacy: The PISA
experince. Springer.

Triandini, E.,et al. (2019). Metode SystematicLiterature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. IJIS: Indonesian Journal of Information System, 1(2), 63 – 77.

Utomo Muhammad F.W., Heni Pujiastuti, & Anwar Mutaqin. 2020. Analisis
Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Kreano.
11(2). 185-193.

Wardono & Ary Woro Kurniasih. (2015). Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inovatif Realistik E-Learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri. Kreano. 6(1). 93-100.

Wardono, et all. (2017). Development of innovative problem based learning model with PMRI- scientific approach using ICT to increase mathematics literacy and independence character of junior high school students. Journall of Physics: Conference Series. doi:10.1088/1742-6596/983/1/012099
Published
2021-07-02
How to Cite
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187-200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871
Abstract views: 8790 , PDF downloads: 9125