Pendidikan Anak Supernormal dengan Pendekatan Living Values Education Program (Studi Kasus Kelas Akselerasi MAN 2 Kota Madiun)
Abstract
The purpose of this study was to determine the strategies, approaches, stages and results of the life value education program in the education of supernormal children in MAN 2 Madiun City. Qualitative research method was conducted by direct observation and gained the results of this study which were that the Living Values Education Program (LVEP) acceleration class of MAN 2 in Madiun City is done by habituation, lecture, hands-on practice, discussion, performance, assignments, and visits to religious places, and uswah hasanah. The holistic approach (integrated and synchronized) in which the development of character values is integrated and interconnected in all aspects of the madrasa environment. The stages of reviving the value in children accelerated starting with the quarantine process. Through this LVEP, it is certain that children have personalities based on religious and cultural noble values. The conclusion of this research is that the LVEP approach has delivered supernormal children of MAN 2 Madiun City to have an awareness of high values, virtuous character and aware of the importance of exemplary and practice of values themselves in appreciating "good value" in children, as well as reflect on it.
Keywords: Value and Value Education, Living Values Education Program, Supernormal Children.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi, pendekatan, tahapan dan hasil program pendidikan nilai kehidupan dalam pendidikan anak-anak supernormal di MAN 2 Kota Madiun. Metode penelitian kualitatif dilakukan dengan observasi langsung dan diperoleh hasil penelitian ini yaitu bahwa kelas akselerasi Living Values Education Program (LVEP) MAN 2 di Kota Madiun dilakukan dengan pembiasaan, kuliah, praktik langsung, diskusi, kinerja, tugas, dan kunjungan ke tempat-tempat relijius, dan uswah hasanah. Pendekatan holistik (terintegrasi dan tersinkronisasi) di mana pengembangan nilai karakter terintegrasi dan saling berhubungan dalam semua aspek lingkungan madrasah. Tahapan menghidupkan kembali nilai pada anak dimulai dengan proses karantina. Melalui LVEP ini, dapat dipastikan bahwa anak-anak memiliki kepribadian berdasarkan nilai-nilai luhur agama dan budaya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan LVEP telah menjadikan anak-anak supernormal dari MAN 2 Kota Madiun untuk memiliki kesadaran akan nilai-nilai tinggi, karakter berbudi luhur dan menyadari pentingnya teladan dan praktik nilai-nilai itu sendiri dalam menghargai "nilai baik" pada anak.
Kata kunci: Nilai dan Pendidikan Nilai, Program Pendidikan Living Values, Anak Supernormal
Downloads
References
Abi Abdillah Muh. Bin Yazid, Al-Khafiz, Sunan Ibnu Majah, Beirut, Dar Alfikr, t.thn.
Alisuf Sabri, Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan: Jakarta, Pedoman Ilmu Jaya, 1993
Azwar, Saifudin. Pengantar Psikologi Intelegensi, Yogyakarta: Pustaka Utama, 2002
Bahri Djamarah, Syaiful, dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996
Departemen Agama, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2006
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia: Jakarta, Balai Pustaka, 1989
Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Rajawali Press: Jakarta, 2011
http://www.terwujud.com/2012/01/tujuan-program-pendidikan-nilai-nilai.html?m=1
Irwanto Dkk, Psikologi Umum: Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 1977
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosda Karya: Bandung, 2010
Koesoema A, Doni, Pendidikan Karakter Setrategi Mendidik Anak di Zaman Global Jakarta: Grasindo. 2007.
Ma’ruf Zurayk, Aku dan Anakku, Bimbingan Praktis Mendidik Anak Menuju Remaja: Bandung, Al-Bayan, 1998
Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2004
Munardji, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Ilmu, 2004
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2006
Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching, 2005
Saifudin Azwar, Pengantar Psikologi Intelegensi: Yogyakarta, Pustaka Utama, 2002
Sauri dan Herlan Firmansyah, Sofyan, Meretas Pendidikan Nilai, Bandung: CV Armico, 2010
Somad, Pengembangan model pembinaan nilai-nilai keimanan dan keberagamaan siswa di sekolah (studi kasus di SMAN 2 Bandung), Disertasi Doktor pada SPs UPI: tidak diterbitkan, 2007
Sumantri, Pendidikan Nilai Kontemporer, Bandung: Program Studi PU UPI, 2007
S.C Utami Munandar, Perkembangan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk Orang Tua: Jakarta, Gramedia Widia Sarana Indonesia, 1992
Tillman, Diane, Living Values Activities for Children Ages 3-7, New York: Health Communication, 2000
Tillman, Diane, Diana Hsu, Living Values Activities for Young Adults. Jakarta: Grasindo., 2004
Tirtonegoro, Sutratinah, Anak Supernormal dan Program Pendidikannya: Jakarta, Bina Aksara, 1984
Yusuf, Samsu. Psikologi Perkembanngan Anak dan Remaja, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002
The author(s) retain/s the copyright and grant/s Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan the first publication rights licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) which allows others to access (search, read, download and quote), share (copy and redistribute the material in any media or format) and adapt (mix, modify and develop) works for legitimate purposes, even commercially, with recognition of the authorship of the work and its initial publication in this journal.